IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Buku Pintar Bahasa Tubuh dan Public Speaking
Penulis Buku : Damayanti, S.Pd.
Penerbit Buku : Araska – Bantul – Yogyakarta
Tahun Terbit : Oktober, 2017
Tebal Halaman : 216 Halaman
Harga Buku : Rp. 65.000
ISI BUKU
Buku Pintar Bahasa Tubuh dan Public Speaking merupakan buku bekal untuk menunjang kemampuan Guru dan menjadikan kita sebagai guru idola untuk peserta didik kita. Melalui buku ini kita sebagai guru mendapatkan pelajaran tentang body language (Bahasa Tubuh) dan Public Speaking. Dengan kedua hal itulah kita dapat mengetahui dan mudah memahami suasana kelas khususnya untuk kondisi siswa-siswa kita secara langsung.
Dalam buku ini penulis membagi 4 (Empat) bagian adapun bagian-bagiannya sebagai berikut :
Bagian 1 : Memahami Seputar Bahasa Tubuh
Bagian 2 : Tips Menjadi Guru Idola dengan Memahami Bahasa Tubuh Siswa
Bagian 3 : Memahami Seputar Public Speaking
Bagian 4 : Tips Menjadi Guru Idola dengan Menguasai Public Speaking
Pada bagian 1 menjelaskan tentangg Bahasa Tubuh. Secara Bahasa Bahasa tubuh (body language) merupakan jenis komunikasi yang tidak diungkapkan secara langsung. Melainkan berbentuk isyarat dan simbol gerak tubuh dalam berkomunikasi tatap muka dengan orang lain. Bahasa tubuh dianggap lebih hebat dari pada kata atau kalimat yang diungkapkan. Di bagian kedua menjelaskan lebih detail lagi tentang Bahasa tubuh.
Dibagian selanjutnya menjelaskan tentang Public speaking. Public speaking dapat diartikan sebagai teknik berbicara dengan menggunakan strategi dan teknik berbicara yang tepat. Public speaking sebagi keahlian komuniksi harus dimiliki oleh setiap orang, termasuk seorang guru.
Selain membahas 2 hal tersebut, Body Lenguage dan Public Speaking dalam buku ini juga memberikan kepada kita tips sebagai guru untuk menjadi guru Idola bagi murid. Bukan hanya itu saja dalam buku ini juga menjelaskan bagaimana menjadikan kelas inspiratif yang dituliskan sebagai berikut :
Resep menjadikan Kelas yang Hidup dan Menginspirasi
- Bekerja Secara Berpasangan
Dianjurkan untuk membuat siswa mau berbagi dan saat yang sama mendapatkan ide dari teman sebayanya. Suasana di kelas dibuat berkelompok sehingga komunikasi antar siswa mudah terjalin.
- Mengatur Pola Komunikasi di Kelas
Memastikan komunikasi di kelas berlangsung secara dua arah, dari kita sebagai guru dan dari siswa. Sehingga terjalin pola komunikasi yang baik di Kelas..
- Komunikasi yang berkualitas
Membangun komunikasi yang berkualitas dengan selalu berpikir positif dengan seluruh penghuni kelas yang ada. Komunikasi yang berkualitas ini akan menghasilkan suasana kelas yang kondusif dan sehat dan tentunya siswa secara sadar berani bertanya dan mampu menyampaikan pendapatnya di kelas.
Dari 3 hal tersebut sangat menginpirasi kita sebagai guru untuk menjadikan kelas-kelas kita sebagai kelas yang menginspirasi, menginspirasi bagi seluruh siswa-siswa kita dan sesama guru khususnya.
Oleh : Bagas Setiawan