MAAF TUHAN, AKU HAMPIR MENYERAH

Identitas Buku

  • Judul Buku     : Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah
  • Penulis        : Alfialghazi
  • Tebal Buku    : 246 Halaman
  • Penerbit    : Sahima
  • Tahun Terbit    : 2020

Ikhtisar Buku

    Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah adalah buku karya penulis muda Indonesia Alfialghazi mahasiswa studi Islam dan Bahasa Arab Mahad Aliy Ulusuha Medan. Diusianya yang baru memasuki 25 tahun, ia telah menghasilkan dua karya populer, salah satunya adalah buku apik dan bestseller satu ini. Selain laris di pasaran, dengan akumulasi cetak mencapai 10.000 eksemplar di bulan kelima sejak hari terbitnya, buku ini juga menjelaskan substansi yang kaya akan motivasi hidup bagi jiwa-jiwa kecil yang mendamba bahagia, sebuah kebahagiaan yang sesungguhnya.

    Buku setebal 246 halaman ini akan menemani pembaca untuk terus melangkah maju, menerabas untuk segala keterbatasan, menikmati segala kekecewaan, melewati dunia yang penuh dengan kefanaan menuju satu tempat bernama keabadian. Buku yang berisi motivasi-motivasi hidup ini memiliki tiga inti bagian bahasan yang disampaikan kepada pembaca diantaranya bagian pertama mengenai hidup yang mana dibagian ini membahas jatuh bangunnya kehidupan.

Bagian kedua mengenai cinta, penulis memasukkan bagian cinta meskipun tidak banyak karena bagian cinta merupakan bagian dari kehidupan yang tidak terpisahkan. Bagian terakhir dari buku ini adalah perjalanan keimanan, mengenai bagaimana proses untuk hijrah, istiqomah dan pengingat kematian. Pola tulisan buku Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah ada beberapa bagian yakni bagian kepala, bagian tengah, dan bagia akhir. Pada bagian kepala tulisan berisi pemaparan situasi yang alami oleh pembaca ditekankan lagi oleh pertanyaan yang melayang di atas kepalanya. Bagian tengah tulisan adalah inti dari tulisan tersebut membawakan nasihat berupa kalimat motivasi yang dipadukan dengan pola penulisan puisi memiliki akhirat yang sama, serta memberikan analogi berupa kisah Rasulullah dan para sahabat. Bagian akhir adalah kalimat penutupan yang berupa penekanan atau pertanyaan yang menggelitik, namun juga kadang ditutup dengan hadist ataupun ayat Al-quran.

    Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah merupakan buku yang sangat menarik. Salah satu kelebihan buku ini adalah judul buku tersebut menggunakan kata Tuhan bukan Allah atau Rabb, hal ini menjadi kelebihan dari buku ini karena menyasar pembaca umum dari berbagai agama maknanya dalam hal ini meliputi semua kalangan pembaca tanpa memandang agama. Cover buku ini sangat menarik dipandang mata dengan warnanya kuning yang menjadi penanda dari bagian-bagian daftar isi dan penanda sebuah kata kunci makna bahasanya. Tidak hanya itu, dalam buku ini banyak sekali disajikan qoutes yang menarik dan sangat mendalam maknanya.

    Dengan segala keunggulannya, cukup sulit bagi penulis untuk memberikan kritik bagi karya Alfialghazi. Namun, satu hal yang barangkali menarik adalah pada bagian judul dan atau bab sebaiknya dilengkapi dengan identitas agama Islam, hal ini selaras dengan substansi yang terkandung dalam buku. Tepatnya, Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah ini berbasis agama Islam, sedangkan judul dan bab mengesankan buku ini sebagai motivasi teologi umum.

    Meski demikian, bukan berarti kekurangan tersebut dapat menutupi segala kelebihan, buku karta Alfialghazi ini tetap sangat layak untuk dibaca, dan diserap keluasan pengetahuan serta motivasi-motivasi hidup yang terkandung di dalamnya. 

Oleh : Oleh: Arifah Nur Azizah, S.Pd.I.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay