YUK, BERHIJAB (HIJAB TANPA NANTI, TAAT TANPA TAPI)

Identitas buku

  • Judul                       : Yuk, Berhijab
  • Penulis         : Felix Y. Siauw
  • Penerbit              : PT Mizan Pustaka
  • Cetakan/Tahun terbit     : Juli 2013
  • Terdiri dari        : 9 Bab
  • Harga Buku        : Rp60.000,00
  • Tebal Buku         : 140 halaman

Ikhtisar buku

    “Hijab Tanpa Nanti, Taat Tanpa Tapi”. Buku ini menjelaskan bagaiamana berhijab yang benar menurut Islam. Membaca buku ini membuat rasa syukur saya bertambah, bahwa saya adalah seorang muslimah yang lahir di negara dengan mayoritas Islam. Sepanjang sejarah dunia, nasib wanita sangat menyedihkan, karena wanita lebih sering dipandang sebagai objek kesenangan daripada seorang manusia. Bahkan saat ini emansipasi ala kelompok-kelompok tertentu tidak mengantarkan wanita kepada kebaikan tetapi pada sesuatu yang merendahkan kemuliaan wanita. Agama pun dijadikan kambing hitam sebagai penghambat kemajuan wanita.  Padahal dalam Islam pria dan wanita dianggap sama, yaitu memiliki derajat dan harkat yang sama sebagai makhluk  mulia yang patut dihormati dan dilindungi. 

    Buku ini terdiri dari 9 bab, yaitu bab 1 (Dunia Memandang Wanita), bab 2 (Pandangan Islam tentang Wanita), bab 3 (Wanita dan Aurat), bab 4 (Menutup Aurat dengan Pakaian Syari), bab 5 ( Berpakaian tetapi Telanjang), bab 6 (Tabarruj), bab 7 (Hijab Bukan Perhiasan), bab 8 (Kata Orang), bab 9 (Berhijablah dan Taatlah). 

Pada bab 1 dan 2 menjelaskan tentang derajat wanita menurut pandangan dunia dan Islam. Pada bab 3 dan 4 menjelaskan tentang aurat, yaitu batas-batas aurat serta siapa saja yang termasuk mahram dan bukan mahram wanita serta bagaimana jilbab menurut Islam . Pada bab 5, bab 6, dan bab 7 menjelaskan bagaimana cara berhijab wanita saat ini yang seringnya mengikuti tren. Misalnya menutup aurat tetapi seperti telanjang, baju yang terlalu ketat atau memiliki warna yang sangat mencolok sehingga membuat lawan jenis tertarik. Pada bab-bab ini juga dijelaskan bahwa hijab itu bukan perhiasan ataupun tren fashion tetapi hijab adalah identitas wanita muslimah yang ditujukan untuk melindungi perhiasan wanita serta keindahannya. Kemudian pada bab 8 dan bab 9 banyak berisi jawaban dari pertanyaan yang sering muncul tentang keraguan para muslimah untuk mantab berhijab. 

        Hal yang saya sukai dari buku ini adalah bab-bab nya dipaparkan penulis secara singkat, padat, dan jelas mudah dipahami. Terdapat banyak ayat-ayat AlQuran dan hadist yang disampaikan penulis untuk memperkuat penjelasan  dari isi buku. Selain itu, terdapat bagian komik berisi cerita menarik yang menggambarkan setiap babnya sehingga membaca buku ini tidak membosankan. 

Hal yang tidak saya sukai adalah warna buku, karena saya tidak suka warna pink..haha. 

Oleh : Siti Hajar, S.Si.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay