JURUS SEHAT RASULULLAH

Identitas Buku

  • Judul                                       : Jurus Sehat Rasulullah
  • Penulis                                    : dr. Zaidul Akbar
  • Penerbit                                   : PT Sygma Media Inovasi
  • Cetakan/Tahun terbit              : Ketiga/Februari 2020
  • Terdiri dari                              : 7 Bab
  • Harga Buku                             : Rp 99.000
  • Tebal Buku                             : 314 halaman

Ikhtisar Buku

Buku ini ditulis oleh dr. Zaidul Akbar, seorang dokter lulusan Universitas Diponegoro Semarang yang banyak berkecimpung dalam dunia kesehatan Islami. Latar belakang penulis bergerak di bidang kesehatan Islam karena kegelisahan penulis atas konsep-konsep pengobatan modern saat ini, yang di satu sisi memberi sedikit manfaat, di sisi lain memberikan efek yang kurang baik.

Penulis menyampaikan, konsep-konsep kesehatan yang disampaikan di buku ini adalah berbasiskan AlQuran dan sunah Rasulullah SAW. Penulis menekankan bahwa sehatnya seseorang bermula dari kesehatan qalbunya. Semakin sehat qalbunya, semakin sehat pula fisiknya.

Kata kunci dari semua penjelasan dalam buku ini adalah, “Ketaatan mukmin kepada Allah dan Rasulullah, akan berujung pada kesehatan yang paripurna, yaitu kesehatan qalbu dan raga.

Buku ini dibagi menjadi 7 bab, yaitu :

  1. Masalah Kesehatan Kita Saat Ini
  2. Jurus menyehatkan Qalbu Pada Zaman Rasulullah
  3. Jurus Menyehatkan Tubuh ala Rasulullah
  4. Mengkonsumsi Makanan yang Halal dan Thayyib
  5. Kunci Sehat Membangun Gen yang Sehat
  6. Pengobatan yang Dianjurkan Rasulullah
  7. Mewujudkan Generasi Baru Peradaban Emas Islam

Hal yang membuat mengapa buku ini layak dibaca adalah, bahwa buku ini menginspirasi kita agar selalu menjaga kesehatan. Bukan hanya sekedar kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan qalbu/ruhiyah, agar kehidupan kita semakin banyak menebar manfaat untuk sesama.

Buku ini juga mencantumkan tentang hadist dan ayat-ayat Alquran tentang bagaimana kita harus menjaga kesehatan. Jadi, tidak hanya berdasarkan teori yang ditemukan oleh manusia, tetapi jauh sebelum itu di dalam Alquran dan Hadist sudah dijelaskan betapa pentingnya hidup sehat dan bersih.

Selain itu, penulis dalam buku ini juga menyampaikan bahwa semua syariat dalam Islam merupakan sarana penyehatan bagi tubuh kita. Namun, yang paling penting adalah syariat yang kita kerjakan bukan hanya sekedar untuk menyehatkan tubuh, melainkan untuk menaati Allah dan RasulNya. Dan, kekebalan tertinggi seorang mukmin adalah terletak pada iman yang sehat. Jika iman sehat, qalbupun akan sehat. Raga pun akan semakin sehat dan kuat.

Oleh : Latifah Tri Asyanti, S. Pt.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay

UP

CONTACT

QUICK LINK

APLICATION