YANG HILANG DARI KITA : AKHLAK

Identitas buku

  • Judul                           : Yang Hilang Dari Kita : Akhlak
  • Penulis                        : Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab Lc., MA., Ph.D.
  • Penerbit                       : Lentera Hati
  • Cerakan/Tahun terbit  : I/2016, II/2017, III/2019
  • Terdiri dari                  : 16 Bab
  • Harga Buku                 : Rp. 98.000,-
  • Tebal Buku                 : 303 halaman

Ikhtisar buku

            Tidak dipungkiri bahwa dewasa ini kita sedang menghadapi ” krisis akhlak”. Banyak yang beragama terutama Islam, tapi minim secara akhlak. Mengaku yang paling Islam tapi tidak bertata krama dalam keseharian, sehingga Islam hanya dirasa sebagai syariat saja seperti melaksanakan ibadah sholat, puasa, dsb saja tapi tidak dirasakan dalam kehidupan sehari-hari seperti menghormati orangtua, mengasihi sesama, menjaga kebersihan lingkungan, menyantuni yang tidak mampu, dll.

Indonesia sendiri menempati urutan ke 104 sebagai negara yang Islami akhlaknya; menurut tolak ukur nilai-nilai Islam dalam Alquran hadits (penelitian dilakukan oleh prof. Dr. Scheherazade S. Rehman dan Prof. Dr Hossein di George washinton pada tahun 2010). Urutan pertama justru ditempati oleh Selandia Baru yang notabene minoritas Islamnya. Mengingat Indonesia adalah negara mayoritas Islam, sangat miris memang. Tetapi kita harus mengakuinya.

Benar bahwa akhlak dianggap sudah “hilang” dalam kehidupan kita. Kita dengan lantang menyeru diri Islam dan merasa hebat dalam menjalankan syariat agama, tetapi pada kenyataannya masih banyak alas kaki atau barang berharga hilang di masjid dan tempat umum lain, masjid digunakan untuk kampanye politik praktis, kita masih saling melempar benci atas perbedaan pendapat, saling fitnah, abai dengan tata krama dalam pergaulan terutama penghormatan pada orangtua dan menyayangi yang muda.

Oleh : R. Imron Rosyadi Kadir

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay

UP

CONTACT

QUICK LINK

APLICATION