37 MASALAH POPULER

Identitas Buku

Penulis                         : Ustadz Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc.,D.E.S.A., Ph.D.

Penerbit                       : Tafaqquh Media

Cetakan                       : XII November Tahun 2017

Jumlah Bab                 : 37

Estimasi Harga           : Rp 46.000 – 170.000

Tebal Buku                 : 448 Halaman 

Ikhtisar Buku

Dalam buku ini ustadz Abdul Somad membahas 37 Masalah Populer yang sering dibahas oleh sebagian kalangan muslimin, sebagian pihak sangat berlebihan dan mempunyai pandangan sempit dalam masalah seperti madzhab, ikhtilaf, memahami ayat mutasyabihat, dan bid’ah, sehingga merembet pada masalah lain seperti dalam beramal dengan hadits dhaif, isbal, memotong jenggot, foto, talqin, amal orang hidup untuk orang yang sudah wafat, membaca sayyidina, tawassul, qunut, zikir jahr, dan amalan lainnya yang dianggapnya hanya ada satu pendapat (menanggapnya tidak boleh), sedangkan pendapat lainnya dianggap bid’ah bahkan sesat serta celaan lainnya kepada saudara Muslimnya hanya karena lantaran berbeda dalam masalah tersebut.

Ustadz Abdul Somad menjelaskan bahwa semua amalan populer yang dianggap tidak boleh dan bid’ah itu ternyata memiliki dalil yang valid, serta didukung oleh pendapat para ulama madzhab, dan tidak sedikit juga didukung pendapat ulama yang dianggap oleh mereka yang gemar membid’ahkan. Sehingga semua amalan yang dibahas ternyata ada dalilnya, pihak yang berbeda pendapat seharusnya dapat menyikapi ikhtilaf dengan baik, membiarkan melakukan amalan masing-masing dengan tidak membid’ahkan dan menyesatkan amalan orang lain.

Selain membahas amalan fiqh dan ibadah yang merupakan hal furu, ustadz Abdul Somad juga membahas beberapa hal yang sangat penting seperti mengenai ikhtilaf, madzhab, bi’dah, dan memahami ayat mutasyabihat dalam bagian awal buku ini. Dan pada bagian akhir, ustadz Abdul Somad menutup buku ini dengan membahas dua kelompok yang sangat populer di kalangan kaum Muslimin, yaitu Salaf dan Salafi, serta Syiah, yang pada intinya kelompok Salafi dan Syiah sama-sama harus diwaspadai jangan sampai paham mereka menyebar kepada kaum Muslimin.

Secara umum pembahasan yang dibahas di buku ini adalah dari sudut pandang yang dipilih oleh ustadz Abdul Somad, sehingga semua dalil dan pendapat ulama rata-rata berdasarkan sudut pandang tersebut. Walau begitu, sebagaimana yang tertera pada bagian belakang buku ini, ustadz Abdul Somad tidak bermaksud untuk membuat bingung atau menggiring pembaca supaya pindah ke madzhab tertentu, penulis hanya ingin menyatakan bahwa ada pendapat lain yang juga memiliki rujukan dalil yang valid, sehingga kaum Muslimin semuanya dapat menyikapi dan memahami perbedaan dengan lebih baik.

Oleh : Syarief Hidayatullah, S.E.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay