WANITA-WANITA HEBAT PENGUKIR SEJARAH

IDENTITAS BUKU

Judul               : Wanita-Wanita Hebat Pengukir Sejarah

Penulis            : Ibrahim Mahmud Abdul Radi

Penerbit           : Almahira

Ukuran            : 20 cm x 30 cm

Cover              : Hard Cover

Tebal               : 368 Halaman

Cetakan I         : Februari 2009

RINGKASAN BUKU

Buku dengan judul “Wanita-Wanita Hebat Pengukir Sejarah” ini merupakan salah satu khasanah buku sejarah Islam, khususnya untuk para Muslimah. Buku ini mengajak kita untuk memahami karaakter setiap sosok wanita yang pernah mewarnai kehidupan para nabi dan rasul.  sehingga kita dapat mengetahui betapa wanita memiliki peran yang cukup luar biasa dalam kehidupan seorang nabi dalam menjalani misinya di bumi.

Di antara mereka adalah para wanita yang Allah beri ujian yang semuanya justru menambah keimanan, kesabaran, dan keyakinan mereka kepada Sang Penguasa Kehidupan. Mereka adalah para wanita hebat yang tidak pernah lelah mengabdi dan berdedikasi dalam dakwah Nabi dan Rasul.

Diantaranya, kisah Sarah, istri Nabi Ibrahim yang menyikapi diri yang lama belum dikaruniai anak dengan kesabaran dan kepasrahan. Kisah Hajar, istri Nabi Ibrahim dengan ketakwaan yang luar biasa atas setiap ketentuan Allah kepada dirinya. Kisah gadis suci, Maryam binti Imran setelah melahirkan putranya, Isa tanpa pernah menikah. Lalu, cerita wanita ahli syukur, Rahma, dan kesetiaannya menemani suami, Nabi Ayub, yang diuji Allah berpuluh tahun tiada henti.

Kemudian, keteguhan Asiyah, permaisuri Fir’aun untuk mengikuti ajaran Nabi Musa, serta besarnya pengaruh yang ditorehkan Khadijah semasa hidupnya dalam dakwah Rasulullah.

Selain itu, dalam buku ini, kita juga akan diajak merenungi sosok para wanita yang berkepribadian buruk dan sikap mereka dalam menentang ajaran para rasul dan nabi Allah. Diantaranya, Wahilah istri Nabi Nuh, dan Wa’ilah istri Nabi Luth yang menentang ajaran suaminya. Herodia dan Salome, ibu dan anak yang berbuat keji dengan membunuh Nabi Zakaria dan Nabi Yahya.

Penulis menyajikan buku dalam beberapa sub-bab, dimana dalam setiap sub bab membahas satu nama tokoh wanita. Namun, dalam buku ini selain wanita-wanita dengan catatan sejarah yang baik dan mempesona, disajikan pula tokoh-tokoh wanita yang berperangai buruk dengan tujuan untuk menjadi pelajaran untuk kita semua.

Saya memberikan nilai 8,5 dari 10. Buku ini bisa menjadi salah satu referensi untuk menambah wawasan kita untuk sejarah ada masa nabi-nabi dan menjadi motivasi untuk menjadi pribadi muslimah yang lebih baik.

Oleh : Aprilia Putri Mariana Dewi, S.E.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay