VIRUS – VIRUS UKHUWAH

Identitas Buku

Judul                           : Virus – Virus Ukhuwah

Penulis                        : Abu ‘Ashim Hisyam Bin Abdul Qadir ‘Uqdah

Penerbit                       : Robbani Press

Cetakan / Tahun Terbit : 1 / 2004

Harga Buku                 : Rp. 50.000,-

Tebal Buku                 : 262 halaman

Ikhtisar Buku

Dalam Al-Quran nila-nilai Ukhwah terhimpit dengan nilai-nilai keimanan sebagaimana yang disebutkan dalam surah AL-Hujurat ayat 47 “Innamal mu’minunaa ikhwatan” yang artinya orang-orang mukmin adalah bersaudara. Pada zaman Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya nuansa ukhwah sangat kental, sehingga dunia dibuat tercengang, salah satu bukti nyata dari ukhuwah yang dibangun oleh Baginda Rasulullah adalah sejarah tentang dua suku yaitu suku Khazraj dan suku Aus. Dimana dalam sejarah Islam kedua suku tersebut dikenal dengan suku yang yang senantiasa berselisih sehingga sangat rentan dengan pertumpahan darah, setelah ter-sibghah dengan nilai-nilai Islam dari Rasulullah barulah keduanya mulai hidup tentram, rukun, dan damai.

            Namun ironi, setelah beberapa dekade masa itu ukhwah dan persatuan menjadi utopia yang sulit digapai, keretakan menjadi problem akut yang menggerogoti tubuh semua element ummat pada umumnya. Hal ini dikarenakan karena kita tidak jeli dalam mendeteksi virus-virus yang menggerogoti ukhuwah imaniyah dan Islamiyah.

            Padahal bila ukhuwah tumbuh mekar tanpa virus ia akan tumbuh dengan ruh Islam yang orisinil dan berbagai problem besar dan beratpun akan terasa ringan dan mudah diatasi. Maka penting untuk mendiagnosis secara dini virus-virus ukhuwah tersebut dengan menumbuhkan dan mengaktualisasikan nilai-nilai yang ada dalam Islam sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasulnya salah satunya dengan menjaga sopan santun dalam bersikap, menanamkan sikap empati,  tidak mengikuti prasangka dan menjauhkan diri dari pengaruh atau hasutan yang mengadu domba dan menyulut keretakan antar sesama.

Oleh : Nur Azizah, S.H.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay