MENJADI PRIBADI YANG TEGAS, MUDAH MEMAHAMI ORANG LAIN DAN CAKAP MENYELESAIKAN KONFLIK

Identitas Buku

Judul               : Menjadi Pribadi yang Tegas, Mudah Memahami Orang Lain dan

                          Cakap Menyelesaikan Konflik

Penulis                        : Dale Carnegie

Penerbit                       : Gramedia Pustaka Utama

Cetakan / Tahun Terbit : 1 / 2009

Terdiri dari                  : 16 Bab

Harga Buku                 : Rp. 65.000,- s/d Rp. 100.000,-

Tebal Buku                 : 251 halaman

Ikhtisar Buku

Buku “Menjadi Pribadi yang Tegas, Mudah Memahami Orang Lain dan Cakap Menyelesaikan Konflik” karya Dale Carnegie menawarkan asas-asas relasi antarmanusia tak lekang waktu yang masih sangat penting saat ini. Bahkan pengaruhnya makin besar setiap waktu. Dengan kemajuan teknologi, mereka yang menguasai keterampilan interpersonal tidak hanya menjadi aset yang lebih bernilai di tempat kerja, tetapi juga meraih kesuksesan lebih besar.

Di dalam buku ini terdapat The 5 Essential People Skill (2009) yang menyebutkan bahwa terdapat lima keterampilan yang harus dikuasai untuk menggerakkan orang dan organisasi. Di dalam buku ini, dipaparkan beberapa keterampilan yang dibutuhkan agar mereka merasa diberdayakan dan dihargai berdasarkan perilaku asertif sebagai intinya. Inti dari keterampilan seseorang dalam menggerakkan orang dan organisasi adalah kemampuannya berperilaku asertif.

Perilaku asertif merupakan keterampilan berbicara dan bertindak agar orang lain merespon dengan positif dan penuh perhatian. Pribadi yang asertif mengetahui cara mempertanyakan, mengungkapkan ketidaksetujuan, dan mampu menolak tanpa terlihat kekanak-kanakan.

Dalam buku ini dijelaskan hal-hal penting yang perlu dikuasai, yaitu kemampuan menjaga dan membina hubungan/relasi, memunculkan rasa ingin tahu, berkomunikasi, berambisi, dan menyelesaikan konflik.

Terdapat beberapa pembahasan yang menarik dalam buku ini dari sekian bab yang disajikan, diantaranya yaitu : Apa itu perilaku asertif  dan penerapannya dalam membina relasi dalam dunia bisnis, elemen apa saja yang dibutuhkan untuk memaksimalkan rasa ingin tahu asertif, teknik apa saja yang diperlukan untuk bertanya secara cerdas, bagaimana cara dan teknik melakukan persuasi, dan bagaimana cara membangun tim yang memiliki ambisi secara asertif.

Pembaca akan memperoleh kemampuan untuk berfokus pada faktor-faktor yang akan menggerakkan mereka dan organisasi mereka ke depan. Mereka akan menemukan dan mampu menerapkan teori-teori yang sudah teruji sebagaiamana telah dipaparkan dalam buku ini, yang akan membuat mereka merasa diberdayakan, dihargai dan mudah berkomunikasi bisnis atau pribadi dengan siapapun. Teori-teori praktis ini akan meningkatkan rasa percaya diri pembaca, sekaligus melatih pembaca untuk menyampaikan pesan dengan sikap lebih menghargai, kuat, dan jelas.

Oleh : Sri Datuniati, M.Pd.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay