BERTUMBUH

Identitas buku

  • Judul                           : Bertumbuh
  • Penulis                        : Satria Maulana, Kurniawan Gunadi, Iqbal Hariadi, Mutia Prawitasari, dan Novie Oktaviane Mufti
  • Penerbit                       : CV IDS
  • Cerakan/Tahun terbit  : II/2018
  • Terdiri dari                  : 5 Bab
  • Harga Buku                 : Rp. 90.000
  • Tebal Buku                  : 279 halaman

Ikhtisar buku

           Buku ini ditulis oleh Satria Maulana, Kurniawan Gunadi, Iqbal Hariadi, Mutia Prawitasari, dan Novie Oktaviane Mufti, buku ini merupakan kumpulan tulisan dan catatan pribadi masing-masing penulis, yang berisi tentang catatan cerita dan pengalaman bertumbuh dalam hidup dan berkarya.

Dalam buku ini menceritakan pengalaman dan pandangan penulis akan suatu hal kejadian, serta keresahan yang banyak dialami oleh generasi muda saat ini. Banyak cerita dalam buku diambil dari pengalaman yang dialami penulis kemudian diambil makna dan hikmah dari kejadian-kejadian tersebut.

Dalam bab pertama, dimana menceritakan proses awal mereka bertumbuh. Memberikan gambaran-gambaran awal bertumbuh, mindset untuk berfikir kedepannya. Dimana di setiap harinya kita semua memiliki cita-cita dan harapan yang ingin kita capai.

              Di bagian kedua, yaitu “fokus terhadap tujuan hidupnya”. Dalam bab kedua penulis menyampaikan bagaimana kita harus fokus terhadap tujuan-tujuan hidup yang ingin kita capai kedepannya. Bukan pada “apa” atau “yang mana” jalannya, melainkan bagaimana cara menjalaninya. Jika kita mengetahui apa tujuan kita, maka kita tidak akan mudah tergoda oleh hal-hal lain yang mengalihkan kita darinya.

              Selanjutnya pada bagian ketiga, yaitu “tidak iri dengan pertumbuhan hidup orang lain”. Bahwa dalam perjalanan bertumbuh kita akan menemui titik lelah kita, merasa salah strategi, menyalahkan diri sendiri, dan merasa jauh tertinggal dari teman lainnya. Pada bagian ini, diceritakan bagaimana mereka menghadapi diri sendiri ketika dititik tersebut. Kita ikut senang dan bahagia apabila ada orang lain yang meraih keberhasilan dan justru lebih terinspirasi untuk menjadi versi yang lebih baik bagi kehidupan kita kedepannya.

              Kemudian dalam bab keempat, yakni tentang “banyak bersedekah”. Disini penulis memaparkan bahwasanya apapun yang kita miliki, mulai dari harta, waktu, energi dan lain sebagainya bukanlah milik kita sendiri. Jadikanlah diri kita sebagai pribadi yang dapat menelaah setiap peristiwa dengan kacamata kebaikan. Karena kebaikan adalah investasi yang tak pernah merugi.

Terakhir, dalam bab kelima yakni mengenai “semakin bertambah keimanan, ketakwaan, dan rasa syukur”. Dalam episode terakhir ini, penulis memaparkan bahwasanya sebagai seorang makhluk Allah kita harus benar-benar mengenal siapa diri kita, untuk apa Allah menciptakan kita dan ke mana kita akan pulang.

Garis besar pesan dalam buku ini adalah agar untuk terus berkembang, bertambah dan menjadi besar “besar ilmumu, besar amalmu, besar hatimu, besar cita-citamu, besar cintamu, besar ikhtiarmu, besar tawakalmu, besar ikhlasmu, sabarmu dan syukurmu”

               Banyak hal-hal penuh hikmah yang dapat kita ambil dari buku ini, buku ini merupakan kisah cerita masing-masing penulis untuk bertumbuh dan berkembang menjadi sosok yang lebih bagi dalam versi mereka masing-masing. Dalam buku ini juga berkaitan kuat akan ibadah kepada Allah SWT. Bahwasnya kita sebagai seorang hamba diciptakan semata-mata hanya untuk menyembah-Nya dan setiap apa yang terjadi dalam kehidupan kita tidak akan pernah luput dari campur tangan Allah SWT. Maka dari itu, sebagai seorang hamba dengan sepatutnya kita menambah keimanan, ketakwaan, dan rasa syukur terhadapNya, dan apapun yang Allah takdirkan adalah sebuah hal terbaik dari Yang Maha Baik untuk setiap hambaNya. Para penulis memang mencintai dunia tulis, tak jarang mereka membagikan hasil karyanya dalam sebuah tumblr pribadi. Di sini mereka mencoba untuk memaparkan tulisan, kisah pribadi mereka akan keresahan-keresahan yang tak jarang akan dialami semua orang dalam hidupnya.

              Dengan begitu, setiap kisah yang telah tercantum dalam buku ini, adalah bersumber dari kisah perjuangan mereka untuk bertumbuh dan berkarya, menjadikan diri lebih dewasa dalam menghadapi setiap problematika kehidupan. Tentu saja semua itu dapat membuat pembaca merasa sangat antusias dalam menyelami penggalan-penggalan kisah perjuangan bertumbuh mereka.

Bertumbuh menjadi lebih baik adalah pilihan yang harus kita pilih, setiap hari.

Oleh : Husna Ainun Jannati, S.H.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay