API SEJARAH I, MAHAKARYA PERJUANGAN ULAMA DAN SANTRI DALAM MENEGAKKAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

Identitas buku

  • Judul                           : Api Sejarah I
  • Penulis                        : Ahmad Mansyur Suryanegara
  • Penerbit                       : Suryadinasti,CV Tria Pratama
  • Cetakan/Tahun terbit : II, Edisi Revisi, 12 Rabiul Awal 1437 H, Kamis, 24 Desember 2015
  • Terdiri dari                  : 4 Bab
  • Harga Buku                 : Rp. 215.000
  • Tebal Buku                  : 587 halaman

Ikhtisar buku

           Buku ini ditulis oleh Ahmad Mansyur Suryanegara, buku ini menjelaskan sejarah secara detail dan gamblang dengan secara holistik, mengakar sangat dalam penjelasannya banyak pengakuan para tokoh yang bangga dengan hadirnya buku ini.

Dalam buku ini dijelaskan sejarah yang  tidak terungkap dari buku buku sejarah yang ada di sekolah, menjelaskan sejarah nusantara sebelum adanya negara Indonesia juga menjelaskan penamaan pulau di setiap daerah. Bahkan tidak lepas perjuangan para santri dan ulama dari sejarah kemerdekaan Indonesia.

              Bagian pertama : Menjelaskan peta penyebaran wirausahawan Arabia di nusantara sebelum kedatangan Islam, penguasaan pasar wirausahawaan arab di setiap pasar nusantara, dampak penyebaran Islam dari maritim dan pasar, proses Islamisasi nusantara melalui pasar, peta bumi Nusantara di abad kejayaan Islam, menjelaskan profesi Nabi Muhammad Saw sebelum kenabian, sampai muhammad Saw di angkat menjadi rasul, pengalihan kiblat dari masjidil Aqso ke masjidil Haram, pengaruh hancurnya kerajaan konstantinopel dan kerajaan Persia terhadap perkembangan Islam untuk kerajaan dataran Eropa dan Asia.

              Di bagian kedua, menjelaskan perbedaan teori masuknya agama Islam di nusantara mulai dari pendapatnya teori gujarat Prof. Dr. C. Snouck Hugronje, teori Mekkah Prof. Buya Hamka, teori gujarat Prof. Dr. Hoesein Djajaningrat, teori Cina Prof. Dr. Slamet Muljana, Teori Maritim N.A Baloch. Pengaruh perkembangan politik Islam.  

              Di bagian ketiga seputar strategi Rasulullah Saw dalam penciptaan pembaharuan negara, kewajiban membela negara, menjelaskan pengaruh kerajaan turki terhadap kerajaan di Indonesia, kedatangan Imperialisme barat ke negeri se Asia tenggara, masa pemerintahan di masa kolonialisme.

              Di bagian keempat menjelaskan lahirnya organisasi organisasi besar dan asal usul lahirnya organisasi di Indonesia. Pengaruh gerakan reformasi timur tengah terhadap Islam di Indonesia.

               Hal yang paling berkesan dalam buku ini sangat detail dan jelas jika mencantumkan sumber datanya sangat berbobot jika ingin menjadikan guru sejarah   Dengan begitu, setiap renungan yang telah tercantum di naskah ini, adalah bersumber dari sumber yang sangat tepercaya. Tentu saja itu bisa membuat pembaca merasa sangat mantap saat membaca tiap renungan yang ada dalam buku ini.

Wallahu A’lam Bisowab .

Oleh : Muhammad Faruq, S.H.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay