STEVE JOBS

Identitas buku

  • Judul                            : Steve Jobs
  • Penulis                             : Walter Isaacson
  • Penerjemah                      : Word Translation Service & Tim Bentang
  • Penerbit                           : Sumon & Schuster, New York
  • Cetakan/Tahun terbit      : I/2011
  • Harga Buku                     : ± Rp. 175.00
  • Tebal Buku                      : 729 halaman

Ikhtisar Buku

            Buku ini adalah satu satunya biografi yang secara resmi mendapatkan izin menggunakan judul “Steve Jobs” dari Steve jobs itu sendiri. Buku ini ditulis dan dihimpun oleh Walter Isaacson (Juga menulis biografi Benjamin Franklin dan Albert Einstein) dengan permintaan langsung oleh Steve Jobs.

            Berdasarkan lebih dari 40 kali wawancara dengan Steve Jobs selama dua tahun dan wawancara tambahan lebih dari 100 orang, meliputi keluarga, teman, musuh, kompetitor, dan kolega. Membuat buku ini membuka akses ke kehidupan Steve Jobs yang sebelumnya orang orang tidak tahu.

Biografi ini secara garis besar dibagi dalam beberapa bagian besar. Yaitu:

  1. Masa kecil dan keluarga. Bagian awal biografi menceritakan secara detail masa kecil Steve Jobs dan interaksinya dengan keluarga, bagian ini juga menceritakan bagaimana Steve Jobs ditolak oleh orang tua kandungnya namun orang tua angkatnya menganggap dia adalah anugerah dan anak terbaik yang mereka miliki.
  2. Masa remaja dan interaksi dengan komputer. Bagian ini menceritakan awal Steve Jobs tertarik dengan komputer dan segala pergolakan yang dia lakukan semasa remaja, disini kita Mengenal teman baiknya yang nantinya bersama sama mendirikan perusahaan Apple, yaitu Steve Wozniak.
  3. Dunia kerja dan inovasi. Bagian ini adalah bagian terbanyak yang akan dibahas pada buku ini. Dimulai dari awal pendirian Apple dengan Steve Wozniak, kompetisi dengan Bill Gates yang saat itu sebagai pendiri Microsoft, inovasi komputer grafis pertama, pemecatan dan berbagai drama lainnya.
  4. Produk yang revolusioner. Bagian ini menceritakan rentetan produk yang diprakarsai oleh Steve Jobs dan mendapatkan label “Produk yang sangat revolusioner”, seperti Apple 2, Macintosh, iPod, iPhone, iPad.
  5. Masa tua dan menghadapi ajal. Bagian ini adalah penutup dari buku, dimana kita disuguhkan pengalaman Steve Job saat terkena penyakit kanker, interaksinya dengan perusahaan Apple yang seperti kehilangan induk, dan cerita dari orang orang yang berada di sekitarnya disaat semua itu terjadi.

            Buku biografi yang terbit pada Oktober 24, 2011 ini, memiliki 656 halaman dengan 42 bab. Buku ini juga memuncaki tangga penjualan Amazon sebagai buku paling laris pada tahun 2011, meskipun buku ini terbit di penghujung tahun. Selain dari Amazon, buku ini juga mendapat penghargaan sebagai buku terbaik oleh Financial Times dan Goldman Sachs Business.

            Sebagai seorang pembaca, saya menilai buku ini adalah sebuah karya tulis yang sangat baik, terlepas dari banyaknya penghargaan dan pencapaian yang diperoleh buku ini. Saya menilai buku ini 9 dari 10, dengan detail mengenai kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut:

Kelebihan:

  1. Susunan dan gaya penulisan yang sangat baik.
  2. Relevansi tema buku mengenai teknologi dan perkembangan perusahaan Apple.
  3. Hasil wawancara yang banyak dan berkualitas sehingga cerita yang disampaikan tidak hanya satu sisi.
  4. Relatif mudah dimengerti, meskipun buku ini sangat banyak referensi dan istilah mengenai teknologi komputer.

Kekurangan:

  1. Memiliki bab yang relatif banyak, sehingga cukup mengintimidasi pembaca pemula.

Oleh: Ir. Moh.Khairi Suryono

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay