NASIHAT DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Identitas Buku

Judul                                       : Nasihat dalam Perspektif Islam

Penulis                                    : Ahmad Kusyairi Suhail, MA

Penerbit                                   : Pustaka Tarbiatuna, Jakarta

Cetakan/Tahun Terbit             : Pertama/November 2006

Harga Buku                             : Sekitar 30.000

Tebal Buku                             : 104 Halaman

Ikhtisar Buku

            Buku ini ditulis oleh Ahmad Kusyairi Suhail, MA yang mana ditujukan oleh masyarakat luas terutama muslimin di Indonesia agar dapat menjadi salah satu referensi dalam mengamalkan adab memberikan nasihat, karena sejatinya agama adalah nasihat. Begitu pentingnya sebuah nasihat dalam kehidupan kita sehari-hari membuat beliau antusias dalam menulis dan mempersembahkan buku kecil mungil yang menarik ini.

            Pada buku ini terdapat 19 hal yang menjelaskan tentang perspektif atau cara pandang Islam terhadap nasihat beserta adab dan tata cara penyampaiannya. Saya sangat menyarankan kepada kita semua untuk membaca, memahami dan melaksanakan segala hal-hal yang terdapat pada buku ini, karena buku ini sangat mudah difahami bagi kita yang baru memulai membaca buku maupun bagi kita yang sudah terbiasa membaca buku.

            Hal-hal pokok yang terdapat pada buku ini diantaranya adalah dasar pijakan, biografi sahabat perawi hadits, derajat hadits, kedudukan hadits menurut ulama, makna nasihat secara bahasa dan istilah, makna hadits secara global, nasihat adalah amal para nabi, makna nasihat untuk Allah SWT, Rasulullah, Para Pemimpin kaum muslimin, dan kepada kaum muslimin pada umumnya, serta juga terdapat hukum nasihat, bentuk nasihat yang paling besar, adab dan syarat-syarat nasihat, syarat-syarat pemberi nasihat, serta keutamaan nasihat dan pemberi nasihat.

            Setelah membaca buku ini  semoga kita bisa lebih memahami kembali tentang arti sebuah nasihat dan kita bisa lebih bijak lagi dalam memberikan nasihat. Karena Islam akan tumbuh dan berkembang selama kita selalu istiqomah  saling menasihati dalam amal sholih dan kesabaran, tentunya dengan cara yang baik.

            Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga kita tetap dalam lindungan Allah SWT di setiap waktu dan di setiap saat. Terima kasih atas perhatiannya.

Oleh: Hadi Utomo

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay