PEMIMPIN CINTA: Mengelola Sekolah, Guru dan Siswa dengan Pendekatan CINTA

Identitas Buku

Judul                  : Pemimpin Cinta (Mengelola  Sekolah, Guru dan                                                        Siswa dengan  Pendekatan Cinta)

Penulis               : Edi Sutarto 

Penerbit              : Kaifa (PT Mizan Pustaka) 

Kota Terbit        : Bandung 

Tahun Terbit      : 2015

JumlahHal.         : 394 halaman 

Harga                 : Rp. 79.000 – Rp 90.000

  • Ikhtisar Buku

            Buku ini sejatinya adalah sebuah kumpulan pengalaman terbaik (best practice) penulis dalam mengelola dan mengabdi di sekolah Athirah Makassar. Sekolah Athirah adalah milik keluarga Kalla yaitu Kalla Group  

Sebuah tulisan inspiratif yang dikemas dalam narasi yang menggugah karena latar belakang penulis sebagai seorang sastrawan , aktor, mentor, dan pelatih seni peran teater di Teater Koma, serta Pembina sebuah lembaga peenulis Forum Lingkar Pena.

            Membaca buku ini tidak seperti membaca buku manajemen pada umumnya, yang mungkin hanya berisi teori manajemen dan pembahasan, tetapi buku “Pemimpin Cinta” ini seperti membaca buku kisah inspirasional sebagai seorang pendidik dengan contoh – contoh yang sangat autentik dan nyata.

            Buku ini disajikan dalam lima bab, dengan alur pembahasan yang runut dan disertai kutipan – kutipan inspiratif di setiap awal bab.

Bab I Bermula Dari Akar

        Bagian ini menjelaskan tentang motivasi awal penulis ketika memutuskan menjadi seorang pendidik. Perjalanan motivasi penulis dijelaskan dalam 10 sub bagian  yaitu

  1. Bekerja untuk keabadian
  2. Meninggalkan zona nyaman
  3. Lantaran petir
  4. Guru tanpa jarak
  5. Mengenal seluruh nama
  6. “Keluar”
  7. Analogi perubahan
  8. Tiba akal sebelum masa
  9. Besar di lautan luas
  10. Berpikir dan bertindak ala JK

Bab II Memintal Rencana

            Perlunya rencana yang matang, terukur dalam merealisasikan mimpi, dituangkan Edi Sutarto dalam bagian ini. Bagaimana proses yang direncanakan oleh penulis bersama tim sekolah Athirah dalam mewujudkan sekolah yang unggul dalam berbagai bidang. Penulis menggambarkannya dalam sembilan sub bab, yaitu

  1. Memotret dengan mata dan telinga
  2. Pijakan strategi
  3. Optimalisasi konsep Master Plan
  4. Analisis lingkungan eksternal
  5. Membangun paradigma
  6. Mulai dari diri saya
  7. Tema tahunan
  8. Evaluasi kinerja
  9. Prestasi siswa

Bab III Menyentuh Guru dan Karyawan

            Menjadi pemimpin cinta, adalah soal rasa dan kesungguhan, maka langkah selanjutnya yang digambarkan penulis adalah dengan memabangun ikatan cinta yang kuat dengan guru sebagai garda terdepan dalam sebuah lembaga pendidikan. Sangat menyentuh penjabaran penulis dalam usaha meningkatkan produktivitas guru dengan pendekatan – pendekatan personal ke guru dan karyawan. Penulis jabarkan usaha – usahanya dalam 11 sub bab yaitu

  1. Perbaikan berkelanjutan
  2. Membangun disiplin
  3. Coaching
  4. Bola lampu
  5. Nama itu bermakna
  6. Sepuluh dulu
  7. Sabar itu indah
  8. Belajar multi nilai
  9. Seleksi pemimpin
  10. Keberagaman itu Nasionalisme
  11. Lahirnya E-School

Bab IV Menyentuh Siswa

            Setelah membangun ikatan kuat dengan  guru dan karyawan, maka pemimpin cinta juga diminta meneruskan cinta tersebut kepada para anak didik mereka sebagai asset bangsa,. Mengingat bahwa pendidikan adalah investasi jangka panjang, yang menjadi penentu wajah bangsa di masa akan datang. Kisah – kisah inspiratif tentang bagaimana menyentuh siswa digambarkan dalam 14 sub bab

  1. Kacau
  2. Anti bullying
  3. Membangun karakter
  4. Meluruskan MOS
  5. Kejujuran dan percaya diri
  6. Lelaku dan kupu – kupu
  7. Marketing mix
  8. Menjadi kepompong
  9. Keterampilan berbahasa
  10. Menulis itu mudah
  11. Jurnal dan karya ilmiah
  12. Bedah buku dan lahirnya majalah
  13. Fenomena air
  14. Penemuan jati diri

Bab V Menyentuh orangtua siswa dan lingkungan

Pada bagian akhir dari buku maka penulis menguatkan bahwa peran dan tugas pendidikan tidak lepas dari peran orang tua, sebagai pondasi utama pendidikan anak. Kerja sama dan kolaborasi harmonis dari semua elemen pendidikan dijelaskan dengan apik oleh penulis dalam delapan belas sub bab, yaitu

  1. Seminar nasional
  2. Sehari bersama ayah
  3. Aktif bersama mengenalkan budaya
  4. Gendong dia selagi menginginkan
  5. Mendidik anak sekampung
  6. Sehari bersama orang tua
  7. Berpijak pada Al Quran
  8. Meningkatkan kepribadian
  9. Tudang sipulung seni budaya
  10. Trilogi layanan prima
  11. Diksi itu sangat penting
  12. Introduksi pelatihan komunikasi efektif
  13. Mengorangkan orang
  14. Daun cinta
  15. Fenomena mastur
  16. Kesaksian Nurul Habibah
  17. Sekolah buat buah hati
  18. Cara lain memilih sekolah

Hadirnya buku manajemen pendidikan ini dalam kemasan narasi apik, telah mengundang decak kagum dari para tokoh bangsa, hal ini tampak dari tokoh yang memberi kata pengantar dalam buku ini antara lain Anies Baswedan, Ph.D., Dr. Taufik Ismail., Bachtiar Nasir, Lc.

Pada akhirnya tujuan penulis  menuliskan buku ini adalah sebagai bentuk kesadaran tentang program“Athirah peduli bangsa”, dalam bentuk memberikan inspirasi pola manajemen  sekolah yang dapat mengantarkan siswa menjadi pemimpin bangsa ini kea rah peradaban yang lebih baik lagi di kelak kemudian hari.

Oleh : Diah Susilowati, S.Hut, MP

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay