TRAVELING AJA DULU

Identitas Buku

  • Judul                           : Traveling Aja Dulu
  • Penulis                         : Olivia Dianina Purba
  • Penerbit                       : PT Gramedia Pustaka Utama
  • Cetakan/Tahun terbit  : I/2018
  • Terdiri dari                  : 10 Bab
  • Harga Buku                 : Rp 78.000
  • Tebal Buku                 : 241 halaman

Ikhtisar Buku

            Buku ini ditulis oleh Olivia Dianina Purba, seseorang yang sangat menginspirasi, dengan berbagai prestasi yang diraihnya bisa mengantarkannya berkeliling ke berbagai negara, di antaranya 35 negara (5 benua) sebelum usia 30 tahun dengan sedikit biaya bahkan gratis.

            Lahir dan besar di Medan, tepatnya di Berastagi, di mana tempat ini memiliki banyak tujuan wisata yang menarik dan banyak turis mancanegara datang, adalah salah satu alasan yang membuat penulis ingin bisa traveling ke berbagai negara, untuk mengenal budaya dan kekhasan masing-masing negara. Tetapi dengan keadaan ekonomi keluarga yang biasa, Olivia menyadari jika dia harus berusaha keras untuk mewujudkan cita-citanya.

Peluang untuk bisa traveling ke luar negeri adalah kuliah dengan memilih jurusan Hubungan Internasional. Penulis memilih untuk kuliah di Universitas Indonesia (UI) karena UI adalah salah satu kampus ternama di Indonesia dan memiliki peluang untuk mewujudkan cita-citanya. Akhirnya dengan usahanya yang keras dan belajar siang malam, penulis bisa diterima di UI. Dari situlah awal cita-citanya mulai terwujud. Banyak peluang beasiswa yang dia manfaatkan. Dengan kegigihan usahanya, satu persatu beasiswa  mengantarkannya keliling dunia bahkan tanpa biaya.

Dalam buku ini dijelaskan bagaimana cara mendapatkan beasiswa, bagaimana cara mengikuti seminar-seminar dan konferensi internasional, tips mencari tiket murah, pengurusan dokumen perjalanan serta banyak tips-tips untuk bisa melakukan traveling dengan aman dan nyaman.

Buku ini dibagi menjadi 10 bab, yaitu :

  1. Why You Should travel
  2. Persiapan Traveling
  3. Disponsori Kleiling Dunia
  4. Tips Berhemat Saat Traveling
  5. First Time Traveling
  6. Perjalanan Singkat ke Negara Antah Berantah
  7. Traveling Sambil Kuliah di Luar Negeri
  8. Rasanya Tinggal di Berbagai Benua
  9. Pengalaman Internasional Mewakili Indonesia
  10. Solo Globetrotting

Hal yang membuat kenapa buku ini layak untuk dibaca adalah pengalaman pribadi penulis yang sangat menginspirasi, ingin mengajak anak-anak muda Indonesia untuk bisa keluar dari comfort zone dan menjelajah lebih jauh (sambil mengharumkan nama bangsa). Semua hal tersebut berawal dari keinginan yang kuat dan kemauan untuk mencoba. Tiada kata terlambat untuk memulai. Traveling bukan berarti harus menguras habis tabungan dan mengorbankan studi maupun karir.

Selain itu, penulis dalam buku ini juga menyampaikan bahwa traveling bukan sekedar rekreasi dari rutinitas. Ada banyak nilai positif yang didapatkan, misalnya bertemu dengan tokoh-tokoh penting, public speaking, bertemu dengan orang-orang yang kemudian menjadi sahabat di kemudian hari. Traveling adalah belajar dalam bentuk petualangan, mengasah soft skill, toleransi, berjiwa sosial, berpikiran terbuka, surviving skill, dan money management. Dan yang paling penting, traveling meninggalkan memori-memori yang indah.

Oleh : Latifah Tri Asyanti, S. Pt.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay