RENUNGAN QUR’ANI

Identitas buku

  • Judul                : Renungan Qur’ani
  • Penulis             : Bang Miqo
  • Penerbit            : PT Elex Media Komputindo / Kompas Gramedia
  • Tahun terbit     : 2015
  • Tebal Buku      : 224 halaman
  • Harga              : Rp 50.000

Ikhtisar buku

            Buku ini ditulis oleh bang Miqo, buku ini jelas bukan sebuah tafsir Al-Qur’an. Apalagi, buku ini hanya mencantumkan beberapa ayat saja. Buku ini juga bukan buku untuk memahami Al-Qur’an secara menyeluruh.

            Dalam buku ini dijelaskan hanya sedikit renungan dari beberapa ayat yang dibaca, bukan berarti buku ini sanggup memahami  Al-Quran. Seperti yang sudah tertulis di pengantar, buku ini berisi beberapa ayat yang mengandung arti tersirat yang sangat indah dan tentunya menyentuh lini kehidupan kita. Insya Allah pasti bermanfaat untuk kita.

            First: Sebelum Semuanya lebih menekankan pada beberapa pemahaman dasar, yaitu tentang Al-Qur’an sebagai mukjizat dari Allah untuk Nabi Muhammad dan juga bukti kebenarannya, dorongan untuk pembaca agar lebih mencintai Al-Qur’an dan lebih bersemangat membacanya, juga pembahasan tentang bagaimana memahami Al-Qur’an dan apakah tafsir itu.

            Di bagian kedua, yaitu bagian inti buku ini, penulis membagi semua renungan Qur’ani dalam 19 tema besar plus satu penutup. Seperti yang sudah disampaikan di awal tulisan ini, tema-tema renungan buku ini lebih berfokus pada ayat-ayat tentang kehidupan dan keseharian. 19 tema tersebut sangat berpotensi untuk membantu konsentrasi pembaca dalam merenungkan setiap ayat Al-Qur’an yang penulis cantumkan.

19 Tema Kehidupan yaitu:

  1. Kehidupan
  2. Amal
  3. Doa
  4. Syukur
  5. Adab dan Akhlak
  6. Memafkan
  7. Orang Tua
  8. Keluarga
  9. Pemimpin
  10. Takwa Hati
  11. Hawa Nafsu
  12. Dosa, Maksiat, dan Tobat
  13. Ukhuwah, Persatuan dan Kebersamaan
  14. Tarbiyah
  15. Ilmu dan Wawasan
  16. Mengajak pada Kebaikan
  17. Positive Thinking
  18. Hari Akhir dan
  19. Bersama Sang Cahaya

             Hal yang lebih memantapkan agar buku ini dicetak bukan hanya topik ringan berbobot yang dikandung oleh buku ini, tapi karena penulis tidak sembarangan mencantumkan tiap renungan. Selain latar belakang penulis yang memang santri (dan sekarang sedang mencari ilmu di Mekah), penulis menggali tiap renungan dari kitab-kitab ulama Islam, kitab-kitab tafsir yang diakui keabsahannya oleh ulama-ulama dunia dari sejak zaman dahulu kala, hingga kitab-kitab lainnya yang tentunya sangat berbobot dalam membentuk pribadi islami.

            Dengan begitu, setiap renungan yang telah tercantum di naskah ini, adalah bersumber dari sumber yang sangat tepercaya. Tentu saja itu bisa membuat pembaca merasa sangat mantap saat membaca tiap renungan yang ada dalam buku ini.

Wa shallallah ala Nabiyyina Muhammad, wa ‘ala alihi washahbihi wasallam.

Oleh : GERARDIN FERRARI S.Sy.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay