Martin Luther King Menggali Inspirasi dari Seorang Pemimpin dan Orator Terkenal di Dunia

Penulis            : Anom Whani Wicaksana

Penerbit           : C. Klik Media

Cetakan ke      : 1 Tahun 2018

Terdiri dari      : 11 Bab

Harga              : Rp 39.000

Hal.                 : 125 halaman

            Buku biografi tentag tokoh dunia ini sangat memberikan inspirasi bagi para pemimpin-pemimpin yang ingin belajar bagaimana menjadi pemimpin yang baik dan berani untuk mewujudkan mimpi demi cita-cita tertingginya.

            Siapakh Dia? Martin Luther King adalah tokoh berpengaruh dalam perjuangan persamaan hak di AS. Ia memperjuangkan kesetaraan ras yang saat itu sangat sulit didapatkan. Lahir 15 Januari 1929 di Atlanta, Georgia (Michael King Jr.)

            Silsilah Keluarganya, Ayah bernama Michael King Sr. seorang  Pastor di Gereja Baptis. Ibunya Alberta Williams King dan kakaknya. Willie Christine serta Adiknya bernama Alfred Daniel Williams King.

            Masa Sekolah Martin Luther King Bachelor of Divinity (S. Teologi) di Pennsylvania 1951 Doctor of Philosophy Degree (Ph.D) Universitas Boston 1955. 18 Juni 1953 bertemu dengan seorang penyanyi Soprano-Coretta Scott dan menikah di Heiberger, Alabama memiliki 4 anak : Yolanda Denise King, MLK III, Bernice Albertine King, Dexter Scott King). Tahun 1954 Menjadi pastor di gereja baptis Alabama.

            Keluarga Martin Luther King adalah keluarga yang religius sehingga membuat Martin tumbuh dalam suasana keimanan dan kedamaian yang tinggi.

            Awal keterlibatan pertama kali dalam Gerakan hak sipil (Claudette Colvin dan Rosa Parks)

Martin dan kawan-kawan Protes atas peristiwa rasial. Tidak diperbolehkan kulit hitam dan kulit putih dalam satu kursi di dalam bus atau berada pada Sekolah yang sama. Sehingga terjadilah peristiwa pemboikotan bus Montgomery selama 385 hari. Afro-Amerika menuntut tidak adanya pemisahan di dalam bus (kulit putih dan kulit hitam).

            Martin Luther King  membuat Gerakan SCLC (Southern Christian Leadership Cenference) 1957. Melakukan reformasi moral melalui jalan perdamaian. Menuntut hak memilih, penghapusan perbedaan, hak bekerja, dan hak hidup lainnya. Mahatma Gandhi salah satu sosok inspirasinya. Di tahun berikutnya Martin berhasil mengajak massa utk mendukung penegakan hak-hak kaum kulit hitam dan putih. Setelah serangkaian pergerakan dilakukan (Albany Movement dan Birmingham Campaign) MLK memimpin pergerakan sipil “March on Washington” 28 Agustus 1963. Dari peristiwa tersebut pidato dia Melakukan Pidato “I Have a Dream”  yang disaksikan oleh 200 ribu org)—- aksi sukses — sebuah peraturan hak asasi di AS yaitu civil Right Act of 1964 dan Voting Rights Act 1965.

            Martin mendapatkan penghargaan berupa nobelperdamaian 14 Oktober 1964 Nobel untuk usaha melawan ketidaksetaraan ras dengan jalan perdamaian. Sebelum meninggal di penjara 20 kali dan 4 kali mengalami penyiksaan parah. Akhir hidupnya ditembak 4 April 1968 – dikenal Sebagai sosok yang gigih memperjuangkan hak asasi Manusia bagi kaum kulit hitam. Ia melawan diskriminasi rasial yang diperagakan oleh kalangan kulit putih di AS.

            Pejuang Hak Kesetaraan. Sudah menyuarakan hak sipil – tidak boleh memilih pemimpin, Rumah sendiri, Sekolah. Tidak bisa menjalankan kehidupan seperti yang mereka inginkan. Derajat setiap orang itu sama dan cintailah sesama manusia. Setiap orang memiliki hak yang sama. I Have Dream dan lagu We want freedom. “Saya memiliki, bahwa suatu hari bangsa ini akan bangkit dan menjalankan makna sebenarnya dari kepercayaannya. Kami memegang kebenaran ini menjadi bukti nyata, bahwa semua Manusia diciptakan sama”, ujarnya.

            Masuk dalam 10 pidato terbaik di dunia. Cintailah Sesama Manusia. Belajar dari mahatma Gandhi – pejuang perdamaian di India. Kegelapan tidak dapat mengusir kegelapan, hanya terang yang dapat melakukannya. Kebencian tidak dapat mengusir kebencian, hanya cinta yang dapat melakukannya. Integritas meruapakan fondasi untuk menjadi orang yang berpengaruh. Orang yang berintegritas harus berlaku jujur, dapat dipercaya, dan selalu memegang rahasia.

            Satukanlah pikiran, kata, dan perbuatan, lalu jalanilah kehidupan anda dengan integritas Pribadi yang konsisten. Pastikan anda selalu melibatkan pertimbangan moral dan nilai-nilai karakter, kejujuran, serta kepemimpina dalam setiap interaksi dan komunikasi anda kepada orang lain. Jadilah Pribadi unggul yang menunjukkan integritas anda.

            Ketika anda menabur benih kebaikan dan kejujuran, secara otomatis akan mendapat kepercayaan orang di sekitar anda. Sebuah kepercayaan adalah investasi terbaik yang anda rawat seumur hidup. Kepercayaan kepada orang lain adalah kualitas penting dari  seorag yang berpengaruh ketika bekerja dengan orang lain.

            Sang Inspirator – berawal dari Gandhi dan Henry David Thoreau – penulis di AS. Teladan Kepemimpinan Pidato Martin Luther King di depan patung Lincoln di WS DC Menjadi salah satu momentum bersejarah penting dalam sejarah dan perjuangan warga kulit hitam di AS. Dia menegaskan pentingnya seorang pemimpin untuk menciptakan solusi. Jangan menyerah pada kegagalan. Bekerjalah sebaik mungkin.

            Buatlah persuasi yang tepat untuk orang lain. Cara Komunikasi ala Martin. Perang saudara Dimulai 1861 masa kelam dalam sejarah AS. Perbudakan kepada kaum kulit hitam. Kulit putih saling membunuh. Ketegasan pemimpin diperlukan untuk mengatasi masalah (Lincoln tegas melarang perbudakan). Menjadi pejuang bukan meninggalkan Pendidikan. Ia komunikator hebat – namun ia tetap berlatih – komunikasi penting untuk memperkenalkan diri serta tujuan anda. Sosok yang berkharisma, memiliki visi misi jelas dan berjuang keras mewujudkannya. Meningkatkan ilmu pengetahuan dan berlatih berpikir kreatif. Ketekunan dan keberanian untuk keluar dari zona nyaman (dipenjara 20 kali, 4 kali penyiksaan).

            Pidato yang Menggugah, repetisi yang penting. Akhir hayat sang Pejuang. Penghormatan dan Penghargaan. Nobel perdamaian. 50 penghargaan. Patung replica di alun-alun Georgia capital, Atlanta. Hari libur – hari MLK – Presiden Ronald Reagen menandatangani UU Hari Martin Luther King 2 Nov 1983 – Senin, 20 Jan 1986 baru jadi libur nasional. California, Virginia, dan negara-negara bagian lainnya.

            Semoga dengan resensi buku di atas dapat memberikan inspirasi bagi pembaca untuk selalu memperjuangkan keadilan dan Menjadi pemimpin yang berani bersikap, berpikir cepat, dan selalu menjaga komunikasi yang baik dengan orang lain.

Oleh : Lailatul Widayati, S.H.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay

Mon-Fri 08.00-16.00
Available: Monday - Friday 08.00 - 16.00
Anda terhubung di layanan Sekolah Mutiara, Silahkan bertanya kepada kami apa yang dapat kami bantu

Kami tersedia di Hari Senin - Jumat | 08.00 - 16.00
Powered by