Jangan Biarkan Virus Masuk ke Tubuh Kita

Sekarang ini virus Corona tengah meneror berbagai negara di dunia. Bahkan virus mematikan itu sudah masuk ke Indonsia, hal ini tentu membuat masyarakat resah dan akan merasa tidak nyaman saat bepergian keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain.

            Dalam hal ini saya menulis beberapa amalan-amalan menurut Islam agar terhindar dari berbagai wabah  penyakit seperti virus corona:

  1. Hindari makanan haram

Sebagai seorang muslim, tentu sudah tahu sejak lama kalau mengkonsumsi makanan yang halal baik untuk kesehatan fisik, juga baik dalam menjaga jiwa spritual.

Berdasarkan dalam firman Allah

“ menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk..”(QS. Al-Araf:157)

  • Hindari makanan yang tidak jelas kehalalannya

Di era sekarang sangat susah membedakan makanan yang halal dan mana yang tidak halal, dikarenakan banyak makanan siap saji dan kadang kita tidak tahu apa yang terkandung dalam makan dan minuman tersebut. Oleh karena itu, kita harus yakin ke halalannya jika ingin mengkonsumsinya.

  • Menjaga wudhu

Amalan selanjutnya selalu menjaga wudhu, agar tubuh kita dalam keadaan suci dan bersih. Di mana selalu cuci tangan dan mecuci muka akan terhindar dari virus Corona.

  • Bersin dengan menunduk dan berucap hamdalah.

Sesuai ajaran Nabi jika kita bersin sebaiknya menunduk, menutup mulut dan hidung lalu ucapkan Alhamdulillah. Hal ini dapat mencegah penyebaran penyakit sekaligus mendoakan diri kita.

  • Selalu berdoa agar dijauhkan dari wabah

Salah satu doa yang dikutip dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud

“Allhumma innii auudzu bika minal baroshi wal junuuni wal judzaami wa min sayyi’il asqoomi”

Artinya Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang,gila, kusta, dan dari segala penyakit yang buruk/mengerikan lainnya.(HR. Abu Dawud No. 1554)

Itulah beberapa amalan-amalan menurut Islam agar terhindar dari virus corona yang patut dicoba. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua dari penyakit apapun. Beberapa amalan ini perlu didampingi dengan pola hidup sehat, sebabagai bentuk usaha dan tawakkal. Semoga bermanfaat.

Oleh : Harlia, S.Pd.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay