Olahraga Saat Berpuasa, Mengapa tidak?

Puasa merupakan jenis ibadah yang dilakukan oleh seluruh umat Islam di dunia. Berpuasa berarti menahan hawa nafsu juga menahan diri dari makan dan minum, dimulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Saat bulan Ramadan, ada kalanya kendala untuk berolahraga muncul karena berpuasa.

            Puasa di bulan Ramadan bukan alasan untuk stop berolahraga. Selagi fisik mampu dan memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk tetap berolahraga agar tubuh sehat. Beberapa orang menganggap olahraga selama berpuasa akan menyebabkan tubuh menjadi lemah dan menguras energi. Hal tersebut tidak dibenarkan, dengan berolahraga yang tepat saat berpuasa, olahraga justru dapat membantu penyerapan gula darah ke dalam otot, yang akan menyebabkan tubuh terasa lebih segar dan ringan.

            Terdapat beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat berpuasa. Sebelum berolahraga, utamanya saat berpuasa, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan tidak boleh dilewatkan. Kita perlu menjaga pola makan secara teratur saat melakukan sahur dan buka puasa, cukupi kebutuhan minum selama sahur dan usahakan sahur di waktu mendekati imsak, dan tidak menunda waktu berbuka. Lakukan olahraga di pagi hari, beberapa jam setelah sahur dan shalat subuh, atau di sore hari menjelang berbuka puasa. Jaga pula pola tidur kita untuk mencukupi waktu istirahat, dan tetap lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum melakukan olahraga.

            Berikut beberapa jenis olahraga yang memungkinkan untuk dilakukan saat berpuasa, terutama saat menjalani sosialdistancing saat pandemi Covid-19 seperti saat ini :   

1. Jogging

            Jogging dengan intensitas ringan selama 10-20 menit sangat baik untuk dilakukan selama berpuasa. Kita bisa melakukan jogging beberapa jam setelah melakukan sahur di pagi hari dan/atau saat sore menjelang waktu berbuka di sekitar rumah. Joging di sekitar halaman rumah dengan mendriblle bola juga lebih asik dan dapat menjadikan solusi saat pandemi seperti ini.

2. Bersepeda

            Bersepeda merupakan jenis olahraga alternatif ringan yang juga bisa dilakukan saat berpuasa. Bersepeda selama berpuasa dapat dilakukan pada pagi hari atau setelah subuh, dengan jenis sepeda statis ataupun dinamis. Lakukan aktivitas bersepeda sampai sekitar 30 menit untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda sampai dengan 30 menit akan membakar sekitar 300 kalori untuk wanita, dan 350 kalori untuk pria.

3. Renang

            Menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa membakar kalori dengan baik, renang dapat kita pilih sebagai jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan selama berpuasa. Berenang selama 30 menit terbukti mampu membakar 360 kalori bagi wanita dan 420 kalori bagi pria. Namun saat melakukan renang, tetaplah berhati-hati untuk mencegah masuknya air ke dalam mulut yang mungkin bisa membatalkan puasa. Namun saat pandemi, jika kita tidak memiliki kolam sendiri mungkin bisa kita ganti dengan olahraga yang lain dulu ya.

4. Jalan Cepat

            Jalan cepat menjadi alternatif olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan selama berpuasa. Kita bisa melakukan olahraga jalan cepat. Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu kita untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Lakukan olahraga jalan cepat saat menjelang berbuka.

5. Yoga

            Selain mampu menjaga pikiran tetap rileks, yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Prosesi yoga yang berfokus pada pelatihan teknik pernapasan, akan membantu proses penyuplaian oksigen ke dalam otak dan membantu kita untuk tetap berpikir jernih, merasa tenang, juga nyaman selama berpuasa. Yoga dapat dilakukan kapan pun selama berpuasa pilih waktu pagi hari.

6. Naik Turun Tangga

            Terkesan sepele, namun aktivitas naik turun tangga terbukti menjadi jenis olahraga yang mampu dilakukan saat berpuasa. Olahraga ini tergolong ringan namun mampu menimbulkan dehidrasi jika kita tidak melakukannya dengan prosedur yang baik. Naik turun tangga selama kurang lebih 10 menit akan membantu menurunkan kalori di dalam tubuh, sebesar 178 kalori. Lakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan.

            Beberapa jenis olahraga tersebut dapat kita lakukan selama menjalankan puasa di bulan Ramadan. Hal terpenting yang perlu diterapkan selama melakukan olahraga saat berpuasa adalah tetap berpikiran positif dan jauhi rasa malas yang sering menyerang. Pasang sugesti kuat untuk mampu melakukan olahraga saat Berpuasa. Jangan jadikan puasa sebagai alasan yang mampu menghalangi rutinitas berolahraga yang biasa dilakukan saat tidak berpuasa. Selamat berpuasa, selamat berolahraga dan selamat mencoba.

Oleh : Yohana Bela Cristian Sari, S.Pd, M.Or.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay