Solusi Bumi dan Solusi Langit

Bentengi diri kita dengan pola hidup higienis bersih dan sehat. Berolah raga teratur. Untuk saat ini, sementara waktu hindari tempat olahraga di keramaian.Carilah tempat tempat sepi, hijau, segar, kaya oksigen murni. Latih paru-paru kita agar kuat.

Insya Allah paru-paru yang kuat, otot-otot yang terlatih, akan menjadi benteng diri, akan menjadi imun yang siap berperang melawan virus apapun. Jaga pola makan, istirahat yang cukup. Setelah ikhtiar bumi, mari kita gencarkan ikhtiar langit.

Doa-doa keselamatan (Al Ma’tsur) mari kita lafazkan di setiap pagi dan sore Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi, say’un fil ardhi walafissamaai wahuwa samiul’alim.. (Dengan nama Allah yang apabila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak berbahaya. Dialah maha mendengar dan maha mengetahui) Barang siapa yang membaca dzikir tersebut tiga kali di pagi dan petang. Maka tidak akan ada bahaya yang memudharatkannya (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Jaga Wudhu setiap saat, mari mendekat kepada Sang Maha Pengatur. Pemilik Semesta. Setelah Ikhtiar terbaik dengan bergerak yang terukur. Selanjutnya mari kita berbaik sangka akan ketetapan ALLAH, bersabar dan tawakal.

InsyaAllah hati akan tenang.Tawazun. Seimbang. Mari tidak Abai…namun juga tidak perlu lebay.

Oleh : Agus Hariyadi

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay