Agar Sehat dan Bugar di Usia 40 Tahun

Orang bilang hidup dimulai di usia 40 tahun. Saat itu, secara materi dan psikologis banyak orang telah mencapai kemapanan. Namun, di usia 40 juga badan mulai mengembang dan berat badan mulai menanjak. Gangguan kesehatan juga sedikit demi sedikit bermunculan.

            Tak bisa dipungkiri jika pertambahan usia memengaruhi keadaan fisik seseorang. Makin tua tentu tubuh tak akan sebugar saat berusia 20 tahunan. Kita tak bisa lari dari pertambahan usia, namun kita bisa tetap sehat dan fit meskipun usia sudah tak muda lagi lho.

            Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar tubuh selalu sehat dan bugar meskipun usia semakin menua.

  1. Lakukan olah raga secara teratur

          Lakukan olah raga selama 30 menit saja setiap hari. Bisa dilakukan dengan bersepeda atau berjalan cepat keliling lingkungan rumah.

  • Timbang berat badan setiap hari
    Dengan menempatkan timbangan di rumah, kita bisa mengawasi bobot berat badan tiap hari. Terasa obsesif memang, tapi ini cukup efektif untuk mengontrol berat badan.
  • Banyak minum air putih
    Air putih benar-benar membantu. Semakin banyak air yang diminum, makin baik fungsi tubuh kita.
  • Hindari makanan olahan

        Makanan olahan tidak sehat, jadi sebisa mungkin kita menghindarinya. Kepentingan perusahaan makanan pasti bukan untuk kesehatan. Tidak mudah memang, tapi harus diusahakan.

  • Hindari minuman manis dan makanan cepat saji
    Ini mungkin klise dan kita sudah tahu itu. Jangan pernah tertipu oleh klaim kalori rendah atau klaim diet. Makanan cepat saji dan minuman manis hanya akan membuat kita gemuk dan tidak sehat.
  • Dapatkan jam tidur yang berkualitas
    Tidur cukup sangat penting bagi tubuh. Air putih dan tidur adalah pondasi kesehatan tubuh kita.
  • Bergeraklah

        Daripada kita membuang waktu di depan televisi, sebaiknya pergi ke tempat klub-klub kesehatan atau melakukan aktivitas lainnya, agar tubuh kita terbiasa untuk bergerak. Hindari menonton televisi hingga larut malam.

  • Salad itu penting
    Makan salad bagus untuk tubuh kita. Makan salad bermanfaat untuk kesehatan kita, karena nutrisi yang terdapat di beragam sayuran salad ini sangat diperhitungkan, bisa mengenyangkan dan nikmat.
  • Makanlah ikan, sayur, dan buah sebanyak mungkin
    Ikan, sayur, dan buah-buahan membuat tubuh lebih sehat dan lebih energik.

            Menjadi tua adalah fakta tak terhindarkan dari kehidupan. Cara kita menjadi tua tergantung pada keputusan yang kita buat. Manusia dengan usia 40 tahun dinilai mencapai titik matang dalam beberapa segi.

            Angka 40 tahun juga muncul dalam hadits Rasulullah SAW yang dikutip oleh Imam Al-Ghazali. Manusia dengan usia 40 tahun dinilai memiliki kematangan mengolah data dan mendayagunakan akal.

            Angka 40 tahun ini merupakan catatan untuk berpikir lebih proporsional atau titik balik untuk berbenah dan meningkatkan produktivitas dalam berbagai bidang kehidupan yang positif.

            Untuk itu, bagi siapa saja yang menjelang usia 40 tahun ini, mari kita jaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita, agar ibadah maksimal dan tetap bisa melakukan banyak hal yang bermanfaat untuk orang lain.

Salam sehat

Oleh : Latifah Tri Asyanti, S.Pt.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay