Pantaskah Kita Jadi Orang Sibuk ?

Kata-kata sibuk sering dilontarkan bagi kita yang memiliki banyak aktivitas, dalam bidang pekerjaan ataupun sekolah. Namun, ketika kita sibuk, apakah tetap produktif ? Yang jelas, orang yang sibuk mempunyai perbedaan dengan orang produktif. Bisa dikatakan orang yang sibuk belum tentu produktif. Akan tetapi, orang yang produktif tentunya mempunyai kesibukan.

            Lalu apa yang menjadi dasar untuk menentukan apakah kita termasuk orang yang produktif dalam kesibukan atau orang yang terjebak dalam kesibukan ? Yuk simak perbedaannya.

  1. Orang sibuk prioritasnya banyak, orang produktif hanya sedikit tapi penting

       Perbedaan antara orang produktif dan orang sibuk kali ini terletak pada prioritas. Banyak sekali pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Tetapi, dari sekian banyak pilihan itu jika kita orang produktif hanya ada beberapa yang menjadi prioritas. Kalau kita orang sibuk, banyak hal yang kita prioritaskan. Bisa-bisa semua hal kita prioritaskan.

  • Orang produktif tahu dan tidak segan untuk bilang NO dan YES, sedangkan orang sibuk YES terus saja

       Nah, kita yang disebut produktif saat kita tahu kapan harus bilang ‘NO’ dan kapan harus bilang ‘YES’. Dan kita tidak pernah segan untuk mengatakan ‘NO’. Tetapi, jika kita selalu ‘YES’ terhadap semua pernyataan dan permintaan, kita masuk kategori orang yang sibuk.

  • Jika orang produktif berpikir dulu, baru bertindak. Orang sibuk biasanya langsung bertindak

       Kali ini, berhubungan dengan bagaimana kita bertindak. Kita berpikir dua kali sebelum melakukan aksi, berarti kita orang produktif. Seringkali masih ragu, dan membutuhkan waktu untuk memutuskan. Nah, kalau orang sibuk, tanpa berpanjang lebar, kita langsung bertindak, tanpa berpikir ulang resikonya.

  • Fokus merupakan ciri khas orang produktif, multitasking itu ciri orang sibuk

       Tipe mengerjakan sesuatu ternyata berbeda-beda. Ada yang berfokus pada satu pekerjaan saja dalam suatu waktu, ini termasuk orang produktif. Sedangkan, orang sibuk kebanyakan multitasking, bisa mengerjakan berbagai jenis pekerjaan dalam satu waktu.

  • Orang produktif fokus pada tujuan besarnya, sedangkan orang sibuk melihat setiap detailnya

       Poin ini membahas tentang akar suatu masalah atau pekerjaan. Jika saat mengerjakan sesuatu kita berfokus pada gambaran besarnya, maka kita masuk dalam orang produktif. Sedangkan, jika kita fokus pada detail dari setiap poin yang ada, kita termasuk orang sibuk.

  • Orang produktif tahu kapan tugas harus dibagikan, orang sibuk memilih mengerjakan semuanya

       Selayaknya seorang pemimpin, orang produktif tahu tentang bagaimana mendelegasikan tugas dengan baik kepada bawahannya. Sedangkan, orang sibuk akan mengambil semua tanggung jawab tersebut dan mengerjakannya sendirian. Terkadang hal ini melelahkan

  • Bekerja dan bekerja ciri orang sibuk, orang produktif tahu kapan harus berhenti dan istirahat

       Nah, ini penting banget bagi kita yang punya banyak aktivitas. Jika kita memilih menjadi orang produktif, maka kita akan mengalokasikan waktu untuk berefleksi dan merencanakan sesuatu. Tetapi, bagi orang sibuk, kita akan menghabiskan waktu untuk sekedar bekerja dan bekerja.

  • To do list orang produktif to the point, orang sibuk masih memasukkan banyak detail

       Biasanya, kebiasaan sehari-hari bagi kita yang banyak kegiatan adalah membuat to do list. Nah, jika kita seringkali menulis to do list hanya singkat dan sedikit, berarti kita termasuk orang produktif.

       Tetapi, jika kita orang sibuk, kita banyak sekali menulis poin-poin to do list hari ini ngapain aja. Orang sibuk sangat jarang membuat list pekerjaan yang akan dia kerjakan. Semua tugas dari atasan akan dia kerjakan secepat mungkin tanpa memikirkan skala prioritas.

       Hal ini membuatnya seakan diburu waktu agar semua pekerjaannya cepat selesai. Sementara, orang produktif selalu membuat list pekerjaan sesuai prioritas yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

       Jika atasannya terlalu banyak memberi tugas, maka dia tak ragu berkonsultasi pada atasan tugas mana yang mendesak. Padahal list pekerjaan sangat membantu pekerjaan karena bisa digunakan sebagai panduan bekerja.

  • Tujuan hidup orang produktif jelas, orang sibuk hanya untuk sekadar tanggung jawab saja

       Banyak kegiatan, apakah punya tujuan? Pertanyaan ini yang harus kita tanyakan pada dirimu sendiri. Orang produktif akan selalu memiliki tujuan saat bertindak dan beraktivitas. Sedangkan orang sibuk hanya sekedar memenuhi tanggung jawab dan tidak ada tujuan tertentu.

Sumber : idntimes.com/life/inspiration

Oleh : Wahyu Budy Prasetyo

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay