Sahabat dalam Kebaikan

Manusia adalah makhluk sosial yang diciptakan untuk memerlukan orang lain dalam kehidupannya. Karena setiap manusia akan saling berinteraksi satu sama lainnya sehingga dari interaksi tersebutlah kita dapat memunculkan suatu hubungan yang kita sebut persahabatan, yaitu tingkat kedekatan tertinggi dalam pertemanan.

Ketika diantara banyaknya teman yang sudah kita miliki, ada yang sangat dekat dan akrab, sehingga kita sering berkumpul dan berkomunikasi dengannya. Maka dari situlah nanti ada dua kemungkinan yang timbul yaitu ia yang memengaruhi atau terpengaruh dalam pengaruh yang baik ataupun buruk. Dan sebaik-baik sahabat adalah yang kita bisa memengaruhinya dengan kebaikan atau kita yang terpengaruhi oleh kebaikannya.

Betapa banyak umat di zaman sekarang ini yang tidak selektif dalam memilih sahabat karibnya, tidak melihat dengan siapa kita bersahabat dan bergaul. Mengapa bisa demikian? salah satu alasannya yaitu kita belum mengetahui keutamaan bersahabat dengan orang-orang yang bertaqwa sehingga seakan-akan bersahabat dengan siapapun itu sama saja, padahal kita sepakat akan besarnya pengaruh seorang teman atau sahabat. Karena, sangat banyak keutamaan yang kita dapatkan saat kita menjadikan orang-orang yang bertaqwa sebagai sahabat karib kita.

Umar bin Khathab juga pernah menyampaikan, tidaklah seseorang diberikan kenikmatan setelah Islam, yang lebih baik daripada kenikmatan memiliki saudara yang shalih. Dan jika kalian mendapatkan hangatnya persahabatan dari saudaramu sesama muslim, maka peganglah ereat-erat hal itu.

Hal ini membuktikan bahwa betapa pentingnya kita untuk dapat memiliki atau mempunyai sahabat yang shalih yang mampu memberikan kebaikan dalam diri kita. Jika kita belum mempunyai sahabat seperti itu, yang bisa menolong dalam kebaikan maka carilah, sebab kalau kehidupan ini sudah berakhir tidak akan mudah kita untuk menemukannya.

Maka pastikan di kantor kita, ada teman atau sahabat yang bisa membawa kita ke Surga. Pastikan di tempat kehidupan kita siapapun tetangga kita, kerabat kita, dan teman-teman keluarga kita adalah teman atau sahabat yang di akhirat nanti mampu untuk mencari kita agar bisa masuk ke dalam Surga.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang memdapatkan teman atau sahabat yang selalu bisa mengingatkan dan membantu kita. Mencari kita agar dapat masuk ke dalam SurgaNya. Karena dengan syafaat teman atau sahabat yang shalih InsyaAllah yang akan membawa kita menuju Surga Allah SWT.

Oleh : Roby Rosihan Ramazetty, S.T.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay