Eat Well, Live Well: Cobain Yuk!

Hari ini makan apa ya?

            Berikut adalah pertanyaan umum yang paling sering terdengar setiap hari. Untuk orang-orang yang gemar memasak pasti langsung semangat mencari ide masakan untuk dibuat. Sedangkan untuk orang yang lebih suka langsung makan (read: saya), mencari ide makanan untuk dibeli adalah pilihan. Apalagi semuanya serba mudah, tinggal ‘klik’. Terimakasih aplikasi online.

            Dari semua kemudahan itu, ada beberapa hal yang mengganjal. Terutama soal ke-halalan dan kesehatan. Ini penting, ya. You should check the menu and food stall/restaurant before you order it! Jangan sampai salah pilih.

            Setelah sekian lama senang membeli makanan yang keseringannya ‘cepat saji’, mulai banyak reminder dari orang sekitar. ‘Makanannya halal, tapi sudah thayib belum?’. Langsung deg. ‘Iya juga ya’. Ditambah lagi banyak sekali penyakit yang juga dipicu karena pola makan yang kurang baik.

            Dari situ mulai mengurangi sedikit demi sedikit. Mulai mengikuti beberapa pola makan yang sudah cukup lama ada dan tersebar di jejaring sosial. Salah satunya adalah ‘Jurus Sehat Rasulullah/JSR’ yaitu mengurangi 5 hal; Nasi Putih, Tepung, Minyak, Susu, dan Gula.

            Berat ya. Karena kebiasaan makan-makanan “lezat” di atas hampir setiap hari dikonsumsi. Tapi harus dicoba. Meskipun kadang masih suka cheating. Bismillah.

Pagi, minum infused water dan makan buah. Kadang khilaf juga lihat gorengan, beli sebiji.

– Hari Pertama: Infused Water Rempah

– Hari Kedua: Infused Water Buah

– Hari Ketiga: Infused Water Sayur

Repeat.

            Siang, makan secukupnya. Kadang nasi merah, kadang juga nasi putih yang sudah digoreng dengan bahan-bahan seperti olive oil, cabai, bawang dan sereh.

Kalau catering dari sekolah biasanya request, porsi nasi dikurangi.

            Malam, makan buah. Kalau malas ngunyah biasanya di-blend.

            Dilakukan selama dua pekan lebih. Alhamdulillah ternyata ‘lumayan’ bisa dan mulai kerasa ‘nyaman’ di tubuh. Cobain Yuk!

Oleh : Febry Tresnaning Cahyani , S.Pd.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay