Cara Agar Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Anak Lebih Optimal

Ayah Bunda Sekolah Mutiara, untuk memastikan tumbuh kembang anak berjalan sebagaimana mestinya adalah hal penting. Sebab, yang Anda berikan pada si kecil akan mempengaruhi hidupnya kelak.

Karenanya, pastikan Anda tengah memberi asupan nutrisi yang tepat. Yang seperti apa? Yaitu dari aneka jenis makanan, Moms. Sebab tidak ada satu sumber makanan yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan.

Lebih lanjut, agar tumbuh kembang anak semakin maksimal, berikut 5 caranya:

  1. Pilih Bahan Makanan Segar dan Baca Label Makanan
    Cara pertama adalah dengan memilih bahan makanan segar. Usahakan untuk membeli buah segar dibanding minuman jus, gandum utuh dengan buah dibandingkan dengan produk serealia.
    Sementara jika Anda terpaksa harus membeli makanan kemasan, sesekali tak masalah. Maka jangan lupa untuk membaca dengan cermat label yang tertera. Ini dilakukan untuk mengetahui atau menghindari kandungan yang dapat membahayakan, seperti kandungan gula dan minyak yang terhidrogenasi.
  2. Selalu Menyediakan Sayur dan Buah
    Ini masalah di Indonesia, kita tidak mengkonsumsi sayur buah dengan baik. Lebih dari 90 persen orang Indonesia di atas 10 tahun tidak mengkonsumsi sayur buah yang benar dan tercukupi.
    Agar tumbuh kembang anak lebih optimal, Anda perlu menyediakan sayur dan buah dari jenis yang berbeda. Kemudian sajikan sesuai porsi anak, antara 3 sampai 5 mangkok setiap hari untuk menghindari defisiensi zat besi, vitamin A, iodium hingga vitamin B.
  3. Pastikan Anak Menghabiskan Makanannya
    Mmenuhi kebutuhan nutrisi anak memang menjadi kewajiban. Namun bukan berarti Anda menghidangkan dalam porsi besar. Justru Anda harus menyesuaikan dengan usia anak balita.
    Bagaimana caranya agar si kecil mau menghabiskan makanannya? Anda harus membuatnya menjadi menarik dan dalam suasana yang mendukung, tidak sambil diburu-buru contohnya.
  4. Jadi Role Model untuk Anak
    Cara selanjutnya adalah menjadi role model bagi anak. Kalau ibunya tidak sarapan karena ingin langsing jangan berharap anaknya mau sarapan. Anak akan memperhatikan dan menirukan apa yang Anda dan ayah konsumsi. Karenanya, bila Anda dan pasangan ingin si kecil lahap saat menyantap buah dan sayur, maka jadilah role model yang baik untuknya.

Sumber: https://kumparan.com/kumparanmom/cara-agar-pemenuhan-kebutuhan-nutrisi-anak-balita-lebih-optimal-1sk0LwmLTT5

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay