Magic Words

Tumbuh kembang anak yang berjalan dengan baik adalah dambaan semua orang tua.  Tidak hanya pertumbuhan fisik dan psikologis yang utama namun perkembangan penguasaan linguistik anak juga perlu diperhatikan. Salah satu masalah yang mungkin muncul di setiap anak yaitu perkembangan linguistik mereka yang kurang di pantau  ketika anak berbicara kasar.

            Agar perkataan anak berkembang dengan baik,  perlu dibimbing dan diajarkan sejak dini sehingga dapat diterapkan jika dia beranjak dewasa. Salah satu cara agar perkataan anak berkembang dengan baik yaitu  menerapkan  konsep “Magic Words” ke mereka. Kata- kata tersebut adalah Sorry (maaf), Please (tolong), Thank you (terima kasih), ketiga kata-kata tersebut merupakan dasar pembentukan kepribadian anak yang santun dan baik.

            Magic words yang pertama adalah “sorry”, ajarkan anak untuk selalu meminta maaf ketika melakukan kesalahan. Ini akan mengajarkan anak untuk bertanggung jawab dengan kesalahan yang mereka perbuat dan menjadi pribadi yang ramah dan tidak arogan.

            Magic words yang kedua “please”, dengan menggunakan kata please/tolong ketika hendak memberikan perintah kepada anak dan memberi arahan ke anak menggunakan kata tolong, ketika meminta bantuan atau memberi perintah, ini bertujuan mengajarkan anak untuk tidak memiliki sifat yang otoriter.

            Magic words yang yang terakhir adalah “thank you” orang tua menggunakan kata terima kasih ketika anak membantu pekerjaan ataupun anak melaksanakan perintah dan ajarkan anak selalu mengucapkan thank you ketika mendapatkan sesuatu, ini bertujuan memberikan pelajaran mengenai mengharagai orang lain.

            Ini adalah salah satu cara jitu membiasakan anak mengucapkan  hal yang baik dalam perkembangan lingustik mereka sehingga  anak menjadi orang yang santun, dihargai, dan di senangi banyak orang. Thank You.

 (Sumber dari internet : membangun kepribadian anak dengan “ three magic words”- kompasiana.com)

 Oleh : Harlia, S.Pd.I.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay