Belajar Pola Pengasuhan

Setiap dari kita tentu memiliki pengalaman yang berbeda-beda sejak lahir sampai sekarang. Tentunya banyak kenangan manis ataupun pahit yang tersimpan di setiap benak kita. Namun, tidak menutup kemungkinan dengan adanya suatu keadaan yang biasa-biasa saja. Tidak ada yang manis dan tidak ada yang pahit. Hal ini terjadi karena memang tidak ada hal istimewa yang pernah dia alami, atau memang tidak ada keinginan darinya untuk membuatnya menjadi sesuatu hal yang istimewa.

Banyak sekali sebab yang membuat adanya pengalaman manis ataupun pahit itu. Semua kembali kepada bagaimana pola pengasuhan yang diberikan kepada kita dari mulai lahir sampai menjelang dewasa. Pola pengasuhan sangatlah penting karena akan berimbas kepada mental dan perilaku anak.

Saat ini banyak orang tua yang sudah faham tentang pola pengasuhan terhadap anak yang baik dan benar. Hal ini terjadi karena mungkin dulu mereka sudah mendapatkan pola pengasuhan yang baik dan benar dari orang tua mereka. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa dulu mereka mendapatkan pola pengasuhan yang sebaliknya. Dan ketika hal ini terjadi biasanya orang tua zaman sekarang akan berusaha untuk mengubah pola asuh yang akan diberikan kepada anak-anak mereka sekarang.

Kembali kepada pengalaman manis ataupun pahit, tentu banyak pengalaman yang dimiliki oleh para orang tua di era sekarang. Lalu ketika mereka sudah faham tentang ilmu pola asuh yang benar, mereka akan menjadikan pengalaman manis dan pahit itu sebagai pelajaran besar yang sangat berharga. Karena tentu mereka tidak menginginkan pengalaman pahit itu terjadi atau dialami oleh anaknya kelak.

Seperti yang sudah sering kali terjadi bahwa pola pengasuhan yang kurang tepat akan menimbulkan luka yang membekas di hati anak. Bahkan luka tersebut akan sembuh dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Ada beberapa kisah nyata yang menjelaskan  bahwa luka itu masih terbawa hingga ke jenjang pernikahan. Jika memang terjadi hal yang demikian maka bukan hanya yang bersangkutan saja yang akan menanggung lukanya. Namun, dia juga memiliki pasangan yang akan terkena imbas dari luka tersebut.

Banyaknya efek yang ditimbulkan dari adanya pola pengasuhan yang kurang tepat membuat para orang tua zaman sekarang mulai belajar dan mencari tahu bagaimana pola pengasuhan anak yang baik dan benar. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan seperti, membaca buku, mengikuti kelas parenting, mengikuti kajian, dan masih banyak lagi.

Poin yang paling penting adalah ketika semuanya kita kembalikan lagi kepada Sang Maha Pemilik. Ketika kita ingin mencetak generasi-generasi yang baik maka pengasuhan yang baik adalah yang sesuai dengan A-Qur’an. Dan menjadikan mereka baik adalah ketika kita juga berusaha untuk menjadi baik.

Oleh : Maulida Nirwana Islami, S.Si.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay