Peran Guru dalam Proses Belajar

Ayah bunda hebat, Sebagai pendidik di sekolah guru juga berperan sebagai orang tua di sekolah. Oleh karena itu, guru memiliki peran yang sangat signifikan di sekolah, antara lain :

  1. Guru sebagai Pengajar dan Demonstrator

       Sebagai pengajar dan demonstrator guru dituntut untuk memiliki kemampuan seperti merancang program pembelajaran, menguasai materi pembelajaran, menguasai metode mengajar, memilih metode mengajar yang paling sesuai, mengukur dan menilai hasil pekerjaan siswa.

  • Guru sebagai Pengelola Kelas

       Sebagai pengelola kelas, guru mampu mewujudkan kondisi kelas yang optimal dengan mendayagunakan secara maksimal potensi kelas yang terdiri dari 3 unsur yaitu guru, murid, dan proses dinamika kelompok.

  • Guru sebagai Mediator

       Sebagai mediator, guru dituntut memiliki keterampilan untuk memilih dan menggunakan media secara berdayaguna demi kelancaran dan keefektifan proses belajar mengajar.

  • Guru sebagai Fasilitator

       Sebagai fasilitator peranan guru yang paling utama adalah menjadi fasilitator yang memberikan kemudahan belajar kepada anak didik agar mau belajar dengan penuh semangat.

  • Guru sebagai Motivator

       Sebagai motivator guru mampu memberikan dorongan yang kuat kepada anak didik agar mau belajar dengan sungguh-sungguh sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

  • Guru sebagai Evaluator

       Sebagai evaluator guru mampu mengevaluasi kegiatan belajar mengajar untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar anak didik secara berkesinambungan.

  • Guru sebagai Konselor

        Sebagai konselor, guru diharapkan mengenal siswa melalui informasi yang diperolehnya, mendiagnosis dan meremidi siswa yang mengalami kesulitan belajar, membantu siswa memahami dirinya, dan melakukan layanan bimbingan bagi anak didiknya.

  • Guru sebagai Agen Perubahan

       Sebagai agen perubahan, guru diharapkan mampu melihat kesenjangan antara nilai dan tujuan yang hendak dicapai dengan kenyataan yang ada.

Oleh : Imaliyah

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay