Alternatif Bekal Sehat untuk Si Kecil

Assalamualaikum Bunda-bunda Pejuang Dapur  

            Ijinkan saya untuk sedikit berbagi tips atau menu bekal si kecil yang terkadang membuat  kita bingung. Menu apa lagi yang akan kita berikan untuk bekal sekolah ananada  tercinta. Terkadang bekal ananda tidak habis di kotak bekalnya yang membuat kita terus berpikir untuk menu variatif Ananda. Menu  simple dan hanya sedikit menu tambahan kadang disukai anak karena mereka ingin cepat habis dan  ingin cepat bermain dengan teman-temannya.

         Anak-anak pada umumnya sangat tidak suka sayur. Sebenarnya bukanlah sepenuhnya kesalahan mereka. Mungkin pada waktu mereka belajar makan nasi kita tidak memperkenalkan rasa sayur pada makanan pendamping Asi mereka. Sehingga sulit bagi mereka untuk menerima taste yang lain ketika beranjak usia dimana mereka harus makan nasi dengan tambahan  sayur dan lauk.

            Sekedar berbagi info ya bun, bahwa ketika mereka tidak mau makan perhatikan juga jajanan yang mereka makan. Sebelum waktu makan mereka sudah makan makanan ringan yang membuat mereka sedikit kenyang dan akhirnya tidak mau makan. Rasa manis membuat sedikit kenyang walaupun ananda memakan sedikit kudapan.

            Perhatikan pola makan ananda ya bun, supaya bisa memastikan bahwa ananda dalam kondisi lapar ketika jam makan tiba.

            Setelah cek pola makan kini bunda perhatikan menu makannya. Ada beberapa menu yang akan saya coba bagikan :

  1. Sandwich tuna :
  2. Siapkan  2 lembar Roti tawar kupas
  3. Ikan tuna kaleng ambil 2 sendok tambahkan sedikit mayonaes atau thousand                  Island diaduk merata dan oleskan pada lembaran roti tawar kupas.

             ( Tuna bisa diganti  dengan telur rebus yang juga diaduk merata dengan maayones atau

             Thousand island sauce).

  • Bola- Bola Nasi :

     Menu yang sangat simple namun disukai anak-anak karena memudahkan bagi                   mereka untuk makan.

  1. Nasi selagi hangat kita kepalkan, sebelumnya kita tambahkan lauk dan sedikit sayur. Varian isi dari bola-bola nasi Ini bisa disesuaikan dengan selera ananda  ya bun, kepalan bola-bola nasi sebaiknya tidak terlalu besar kita sesuaikan dengan mulut Ananda.
  2. Varian dari isi Bola-bola Nasi : daging cincang ditambah wortel ditumis, tuna bersama mayones atau sayur, telur orak arik.

Semoga tips dan menu tersebut menjadi tambahan list menu bunda untuk ananda ya, Bun.

Oleh : Rosmaniah, S.Pd.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay