5 Nutrisi Penting Untuk Tumbuh Kembang Anak

Meskipun anak Anda diberi makan tiga kali sehari, belum tentu ia akan selalu sehat. Siapa tahu, makanan yang dilahapnya tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk membantu tumbuh kembang anak.

Anda perlu memerhatikan kebutuhan nutrisi untuk anak dengan cara menyediakan makanan yang sehat tentunya. Namun sebelum memberikan asupan sehat, ada baiknya Anda berkenalan dulu dengan 5 nutrisi penting unuk anak anda.

  1. Kalisium
    Kalsium merupakan salah satu nutrisi untuk anak yang penting untuk didapatkan tubuh. Kalsium berfungsi membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat, menjaga fungsi otot dan saraf yang sehat, membantu proses pembekuan darah, serta membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Anda dapat memberikan kalsium pada anak dengan memberikannya susu, ikan dan keju.
  2. Zat Besi
    Zat besi merupakan unsur yang berperan dalam produksi hemoglobin (pigmen merah pembawa oksigen dalam darah) dan mioglobin (pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot). Kekurangan zat besi pada anak dapat menyebabkan anak terkena anemia. Jika si kecil mengalami kondisi ini, maka anak akan cenderung merasa lelah, lemas, dan mudah tersinggung. Berikan nutrisi penting untuk anak ini lewat makanan kaya zat besi seperti daging, kuning telur, dan ikan.
  3. Magnesium
    Magnesium adalah mineral penting bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Beberapa manfaat magnesium bagi kesehatan yaitu menjaga tulang agar tetap kuat, membuat irama jantung stabil, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta membantu menjaga otot dan fungsi saraf. Anda bisa mendapatkan nutrisi untuk anak ini lewat asupan seperti buah-buahan (alpukat dan pisang), tahu, ikan dan sayuran.
  4. Kalium
    Kalium adalah zat gizi yang bertugas untuk menjaga tekanan darah dengan mengontrol keseimbangan air dalam tubuh. Tidak hanya itu, kalium juga membantu fungsi otot dan irama jantung, dan dalam jangka panjang dapat mengurangi risiko batu ginjal dan osteoporosis. Berikan anak Anda makanan pisang, tomat, dan susu untuk mendapatkan asupan kalium yang cukup di tubuhnya.
  5. Vitamin
    Pada masa pertumbuhan anak, vitamin diperlukan untuk menambah daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit dan sangat bermanfaat untuk kesahatan anak.

Sumber: https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/10-nutrisi-untuk-anak-yang-penting/

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay