Kerjasama tim bisa dikatakan hal yang paling penting dalam mencapai tujuan bersama. Jika sudah masuk dalam sebuah tim, otomatis setiap orang mempunyai peran masing-masing yang sesuai dengan kapasitas yang dimilikinya. Teamwork juga dapat dikatakan miniatur dalam berorganisasi, contoh kecilnya ada pada kegiatan futsal/ sepak bola yang mungkin sering kita mainkan bersama. Setiap orang memiliki tugas masing-masing dan terbagi secara merata. Ada bagian penyerang, gelandang, pemain belakang, dan ada juga penjaga gawang.

Dari komposisi tersebut setiap mempunyai tugas yang pasti dan jelas, bisa kita bayangkan bagaimana dalam futsal semua menjadi penyerang semua atau mungkin menjadi penjaga gawang semua.

Apa yang terjadi? Tujuan bersama tidak akan pernah bisa dicapai. Hal tersebut sama persis dalam hal berorganisasi maupun pekerjaan. Setiap orang memiliki tugas, peran, dan tanggung jawab masing-masing, dan kewajiban kita menjalankan apa yang sudah menjadi tugas pokok kita.

Perkara yang lain jika kita bisa membantu membantu dengan catatan menyelesaikan tugas pokok terlebih dahulu. Namun, pada praktik yang terjadi terkadang sebagian orang ingin selalu menjadi dan berada di depan, apa yang terjadi jika demikian? Pasti akan ada hambatan-hambatan untuk mencapai sebuah tujuan. Kuncinya kita kembalikan lagi pada diri kita dan pandai-pandainya kita memposisikan diri dan membaca situasi.

Oleh : Bagas Setiawan

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay