Kewajiban Orang Tua Terhadap Putra Putrinya

Menjadi orang tua adalah sebuah kebahagiaan serta amanah tersendiri yang nantinya akan dimintai pertanggungjawaban kelak di akhirat. Sesuai dengan hadist yang menjelaskan bahwa “setiap anak yang lahir dilahirkan di atas fitrah (Islam), maka kedua orang tuanya lah yang menjadikannya Yahudi, Majusi, atau Nasrani”

            Berdasarkan hadits di atas sebagai  orang tua kita bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan kepada putra putri kita karena keluarga adalah tempat  pendidikan yang utama dan pertama bagi mereka. Pendidikan pertama yang wajib kita berikan adalah mengenai ketauhidan  karena pada hakikinya setiap makhluk yang diciptakan Allah hanyalah untuk beribadah kepadaNya “Dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku” QS. Adz Addariyat 56

            Untuk itu, kita harus mengenalkan mereka kepada Rabbnya dengan cara mengajari mereka cara beribadah yang benar sesuai dengan perintah Allah dan Rasul. Dimulai dengan mengajari mereka ibadah wajib seperti shalat lima waktu, puasa di bulan ramadhan, kemudian dilanjutkan dengan ibadah-ibadah sunnah lainnya seperti shalat-shalat sunnah, puasa sunnah, bersedekah, membaca alquran dan lain sebagainya. Jika dari kecil putra putri kita sudah kita biasakan untuk tertib melaksanakan ibadah-ibadah tersebut InsyaAllah hingga dewasa mereka akan tertib melaksanakan ibadah.

            Selain mengajarkan ilmu ketauhidan kita juga harus memberikan pendidikan umum serta keterampilan kepada mereka karena pendidikan umum dan keterampilan itu dapat menunjang kehidupan dalam beribadah kepada Allah. Serta dengan ilmu dan keterampilan tersebut mereka dapat berkompetisi serta survive dalam menjalani kehidupan.

            Di zaman modern seperti sekarang ini menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua, karena kecanggihan teknologi yang mudah diakses apabila tidak diimbangi dengan keimanan yang kuat putra putri kita akan terjerumus ke hal-hal negatif. Jika kita sebagai orang tua ingin memiliki putra putri yang unggul serta berakhlaqul karimah, maka perbaikilah diri kita terlebih dahulu dengan memperbaiki serta meningkatkan ibadah kita baik ibadah wajib ataupun yang sunnah, selalu mengupgrade diri dengan harapan puta putri kita bisa meniru perilaku kita. Serta jangan pernah lelah untuk mendoakan mereka agar menjadi putra putri yang sholih dan sholihah, putra putri yang unggul, dan berakhlaqul karimah yang baik.

Oleh : Feni Ilma Hidayati, S.Pd

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay