Ayah Bunda Lakukan Hal Ini Agar Tidak Ada Jarak Antara Orang Tua dan Buah Hati

Mungkin ada banyak orang tua yang lupa sejenak karena kesibukan atau karena hal lain bahwa selama seorang anak berada di sisi kita, kita harus benar-benar ada untuknya.

Bukan hanya keberadaan kita, namun juga hati kita. Dengan kata lain, kita tidak hanya sekedar berkewajiban memberinya kebutuhan materi. Tapi anak butuh pendampingan secara psikologis dan intelektual.

Seorang anak yang dekat dengan orangtuanya secara psikologis akan menjadi seseorang yang kuat secara mental jika ia telah dewasa nanti. Kita dapat mendidik psikologis anak dan sekaligus mendidik intelektualnya sejak dini. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, contohnya seperti berikut:

  1. Membacakan Buku Cerita Untuk Anak
    Ada baiknya ayah dan bunda bergiliran untuk melakukan kegiatan ini. Biasanya anak akan sangat senang jika dibacakan buku cerita sebelum tidur. Buku yang dibacakan pun sebaiknya buku yang mendidik misalnya, buku tentang kisah-kisah keteladanan atau buku dongeng yang mengandung pesan moral.
  2. Menemani Anak Ketika Mereka Sedang Bermain
    Anak akan sangat senang jika orangtuanya mau bergabung bermain dengan mereka. Hal ini membuat mereka merasa orangtuanya memberikan perhatian lebih. Dan berikan mainan yang edukatif kepada anak. Misalnya mainan yang berkaitan dengan huruf, bentuk binatang, macam-macam suara binatang, dll.
  3. Tanyakan Kegiatan Yang Telah Anak Kerjakan Hari Ini
    Sapalah anak, ajaklah anak untuk tetap berinteraksi dan tanyakan apa saja yang ia lakukan hari ini. Dengan demikian anak akan tetap memiliki waktu berkualitas dengan orang tuanya. Sekaligus kita dapat memantau kondisi anak selama kita tidak berada di sampingnya dan melatih anak untuk bersikap terbuka terhadap kita.
  4. Lakukan Hal Ini Jika Anak Melakukan Kesalahan
    Kita boleh memarahinya agar ia tahu kesalahannya, namun sebaiknya jangan sampai menjurus kepada kekerasan verbal dan fisik. Untuk mengimbangi itu semua, ketika anak melakukan sesuatu yang baik atau melakukan sesuatu yang berprestasi, hendaknya kita berikan apresiasi. Ini sangat penting karena jika hal ini dilakukan secara seimbang, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri.

Sumber: – https://www.hipwee.com/list/hai-ayah-dan-bunda-lakukan-hal-ini-supaya-tak-ada-jarak-antara-kalian-dan-buah-hatimu/

Salam,
Sekolah Mutiara

Cerdas | Berbudi | Visioner

WhatsApp: +62818819444
Website : sekolahmutiara.id
Email : info@sekolahmutiara.id
Facebook : Sekolah Mutiara Bali
Instagram : Sekolah Mutiara Bali
Twitter : @smutiarabali
Google Maps : bit.ly/PetaSekolahMutiaraBali
.
Alamat :
Jl. Lingkar Timur Udayana 8
Jimbaran, Kuta Selatan 80361
BADUNG | BALI | INDONESIA

#SekolahMutiaraBali #SekolahMutiara #SekolahIslamBali #PendidikanIslamBali #PPDB2018_2019 #SekolahMuslimBali #JSITBali #SekolahJSIT #JSITIndonesia #PAUDMutiaraBali #IslamicSchoolBali #IslamicSchoolJimbaran #PAUD #Himpaudi #PAUDKutaSelatan #KutaSelatan #Jimbaran #PPDB #PenerimaanPesertaDidikBaru #KB #TK 

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay