Bagaimana Cara Berkomunikasi Ketika Anak Sedang Bad Mood?

Orang tua sebaiknya memahami perasaaan anak ketika sedang marah, sedih atau kesal menghadapi kejadian dirumah.

Hal ini akan membuat anak nyaman dan mau meneruskan berbicara. Pada saat anak sedang marah, kesal atau sedih lakukan mendengar aktif.

Jika orang tua menggunakan cara-cara berkomunikasi yang baik dan memahami perasaan anak, anak akan tumbuh bahagia dengan konsep diri yang positif karena merasa dihargai dan diperhatikan. Untuk menunjang itu semua ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Ini cara membentuk tingkah laku yang positif pada anak :

  1. Keteladanan : dengan keteladanan, orang tua menjadi contoh nyata bagi anak dalam berbagai, contoh : berkata jujur, senang membaca, berkata yang baik, sikap dermawan, menolong orang lain, tingkah laku yang baik.
  2. Pembiasaan : Tingkah laku yang sudah dicontohkan oleh orang tua akan menjadi tingkah laku yang baik bila sering diulang-ulang secara terus-menerus. Orang tua membuatkan jadwal bagi anak dari pagi hingga malam dan mengajarkan etika, moral dan kebiasaan yang baik dirumah. Dengan membuatkan jadwal, orang tua dapat membiasakan anak untuk mengikuti aturan dan anak akan terarah kegiatannya dan terhindar dari pengaruh buruk lingkungan.
  3. Pemberian penghargaan dan konsekuensi : Pemberian penghargaan dilakukan sebagai konsekuensi atas tingkah laku anak. Jika orang tua ingin tingkah laku yang baik menjadi kebiasaan anak, orang tua harus memberikan penghargaan dalam bentuk hadiah. Contoh : diusap kepalanya, diberi sebuah jeruk atau sepotong kue.

Sebaliknya jika anak melakukan tingkah laku yang kurang baik, yang tidak diinginkan orang tua, orang tua harus menunjukkan sikap tidak suka sehinggan anak tahu bahwa tingkah lakunya tidak disukai atau tidak benar.

Sumber: – http://jatim.bkkbn.go.id/menjadi-orang-tua-hebat-dalam-mengasuh-anak-1/

  • https://images.pexels.com/photos/783941/pexels-photo-783941.jpeg?

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay