Kenali Ciri-ciri Anak Mengalami Obesitas dan Bagaimana Langkah-langkah Menanganinya?

Setiap orangtua ingin memastikan anak mereka makan banyak agar tumbuh menjadi anak yang sehat.

Namun, tidak selamanya anak gemuk selalu sehat. Banyak risiko kesehatan yang mungkin terjadi jika anak kegemukan.

Lantas, apa saja risiko yang dihadapi oleh anak obesitas dan bagaimana cara orangtua mengetahui jika anaknya mengalami obesitas?

1. Badan Besar Tidak Sesuai Umur
Biasanya anak yang mengalami obesitas akan terlihat lebih besar dan gemuk, ukuran tubuh ini tidak sesuai dengan usia yang mereka miliki.

2. Lebih dari Ukuran Normal
Jika Si Kecil mengalami kenaikan berat badan secara signifikan dalam kurun waktu 3 bulan dan kenaikannya melebihi berat badan normal pada balita, maka dapat dikatakan anak Anda mengalami obesitas.

3. Lipatan Tubuh
Tidak hanya dilihat dari berat badan, obesitas pada anak juga dapat dilihat melalui kondisi fisik secara lebih spesifik lagi. Contohnya adalah terdapat lipatan di beberapa bagian tubuh seperti di bagian dagu dan perut, pipi terlihat tembem, dan leher terlihat pendek.

Ada banyak faktor penyebab anak obesitas. Hal yang paling umum adalah faktor genetik, kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang tidak sehat, atau kombinasi dari ketiga faktor ini.

Bagaimana solusinya? Orang tua tidak perlu khawatir, lakukan langkah-langkah berikut untuk antisipasi sejak dini.

Segera konsultasikan pada dokter jika anak memiliki tubuh yang gemuk dan besar untuk memastikan apakah ia mengalami obesitas atau bukan.

Perhatikan dan jaga selalu pola makan dan pola hidup mereka. Anda dapat melakukannya dengan memberikan makanan yang bergizi dalam porsi yang cukup, serta mengajak mereka untuk banyak bergerak seperti berolahraga bersama atau bermain ringan bersama anak.

Sekolah Mutiara Bali
Cerdas | Berbudi | Visioner
.
WhatsApp: +62818819444
Website : sekolahmutiara.id
Email : info@sekolahmutiara.id
Facebook : Sekolah Mutiara Bali
Instagram : Sekolah Mutiara Bali
Twitter : @smutiarabali
Google Maps : bit.ly/PetaSekolahMutiaraBali
.
Alamat :
Jl. Lingkar Timur Udayana 8
Jimbaran, Kuta Selatan 80361
BADUNG | BALI | INDONESIA

#SekolahMutiaraBali #SekolahMutiara #SekolahIslamBali #PendidikanIslamBali #PPDB2018_2019 #SekolahMuslimBali #JSITBali #SekolahJSIT #JSITIndonesia #PAUDMutiaraBali #IslamicSchoolBali #IslamicSchoolJimbaran #PAUD #Himpaudi #PAUDKutaSelatan #KutaSelatan #Jimbaran #PPDB #PenerimaanPesertaDidikBaru #KB #TK #SD

Sumber: hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/tanda-anak-obesitas/
Images.pexels.com/photos/

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay