Pedoman Gizi Seimbang

Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu ciri bangsa maju adalah bangsa yang memiliki tingkat kesehatan, kecerdasan, dan produktivitas kerja yang tinggi. Agar dapat menikmati hidup dalam keadaan sehat.

Pola makan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi. Keadaan gizi yang baik adalah berpedoman pada gizi seimbang.

Pedoman gizi seimbang baru ini sebagai penyempurnaan pedoman-pedoman yang lama bila diibaratkan rumah maka ada 4 pilar prinsip yang harus dipenuhi agar rumah tersebut dapat berdiri, yaitu

1). Mengonsumsi makanan beragam, tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk menjamin pertumbuhan dan mempertahankan kesehatannya, kecuali ASI untuk bayi baru lahir sampai berusia 6 bulan.

2). Membiasakan perilaku hidup bersih, karena sangat terkait dengan prinsip gizi seimbang .

3). Melakukan aktivitas fisik, untuk menyeimbangkan antara pengeluaran energi dan pemasukan zat gizi kedalam tubuh.

4). Mempertahankan dalam memantau berat badan (BB) dalam batas normal. Memantau BB normal merupakan hal harus menjadi bagian dari “Pola Hidup” dengan gizi seimbang. Sehingga dapat mencegah penyimpangan BB dari BB normal, apabila terjadi penyimpangan maka dapat segera dilakukan langkah-langkah pencegahan dan penangannanya.

Oleh : Nurul Badriyah, S.Pd

 

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay