Mendidik Anak untuk Mencintai Rasul, Keluarganya, dan Membaca Alquran

Ath Thabrani meriwayatkan dari Ali R.A bahwa Nabi SAW bersabda: Didiklah anak-anakmu pada tiga hal, yaitu : Mencintai Nabimu, mencintai keluarganya, dan membaca Al-Quran. Sebab, orang-orang yang ahli Al-Quran itu berada dalam lindungan singgasana Allah pada hari tidak ada perlindungan selain dari pada perlindunganNya beserta para Nabi-Nya dan orang-orang yang suci”.

Ayah Bunda yang sholeh dan sholehah…

Berdasarkan Hadist di atas, dapat disimpulkan bahwa Rasulullah sangat memperhatikan pengajaran kepada anak-anak terkait beberapa hal, yaitu:

  1. Dasar Iman
  2. Rukun Islam
  3. Hukum Syariat
  4. Cinta kepada Rasulullah, keluarganya, dan para sahabat
  5. Cinta kepada Al-Quran

Dengan pengajaran tersebut, anak-anak akan terdidik dengan iman secara sempurna, akidah yang mendalam dan kecintaan kepada para sahabat yang mulia. Sehingga, jika seorang anak mendapat pendidikan keluarga yang baik, dibesarkan dalam lingkungan sosial yang saleh serta iklim pendidikan yang kondusif. Maka anak akan tumbuh besar dengan landasan iman yang kuat, berakhlak mulia, dan berpendidikan yang baik.

Salah satu ulama ternama, yaitu Imam Al Ghozali mengatakan, anak adalah amanat bagi kedua orang tuanya. Dan hatinya yang suci adalah permata yang mahal. Apabila ia diajar dan dibiasakan pada kebaikan, maka ia akan tumbuh pada kebaikan itu dan akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Tetapi, apabila dibiasakan untuk berbuat ketidakbaikan maka ia akan sengsara dan binasa.

Ayah Bunda, mari kita didik anak-anak kita dengan mengajarkan akhlak yang mulia kepadanya.

 

Disadur dari Buku : Pendidikan Anak dalam Islam.

Penulis : Dr. Abdullah Nashih Ulwan.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay