Mengapa Memilih Sekolah yang Unggul di Bidang karakter?

Pendidikan karakter berkualitas dapat menciptakan lingkungan suasana belajar yang aman, peduli, dan mendukung pengembangan akademik pada anak. Hal ini akan dapat memupuk kualitas yang akan membantu anak suatu saat nanti.  Tidak hanya berhasil dalam segi akademik tetapi juga memiliki karakter yang berkualitas.

Pendidikan karakter menjadi dasar dalam membantu anak mencapai kesuksesan dalam semua tujuan dan cita-cita mereka. Pendidikan berbasis karakter memberikan peluang untuk menanamkan nilai-nilai moral dan agama berkualitas. Dari prinsip dan karakter yang tercermin dalam model pengajaran dengan kurikulum dan pendidikan moral pada sekolah unggul dapat membantu menjembatani ketika pendidikan karakter begitu penting. Dari segi moral, etika, dan pengembangan karakter menjelaskan beberapa nilai fundamental sebuah sekolah yang mengutamakan nilai-nilai karakter.

Pada sekolah berbasis penilaian karakter, tidak hanya mengajarkan sesuai kurikulum saja tetapi juga nilai-nilai yang terkandung dalam tuntunan ajarannya. Pada sekolah berbasis karakter unggul, anak-anak dibiasakan dengan cerita kisah dan sejarah sejak usia dini. Bacaan posiitif menjadi lebih akrab bagi mereka saat tumbuh dan belajar. Sementara AlQuran adalah pembelajaran yang dibawa oleh sekolah dan disajikan relevan untuk kehidupan anak-anak saat ini. Dengan ini, anak memiliki kesempatan untuk lebih memahami kurikulum pembelajaran mereka yang lebih baik karena berkaitan dengan Al Quran dan Hadits.

Pendidikan moral dan spiritual merupakan komponen penting dari sekolah Islam. Lingkungan belajar yang sehat mencakup hubungan yang otentik, dan pendidikan harus mengembangkan kecerdasan dan karakter itu sendiri untuk kehidupan bermutu dan berkualitas di dunia ini.

Sementara nilai akademis anak masih berada di garis depan, sekolah Islam memberi kebebasan untuk menyelaraskan kurikulum dengan nilai-nilai Islam. Konsep yang dipelajari di kelas dapat dilihat melalui berbagai cara. Misalnya, apabila anak mempelajari keadilan sosial, sebagian percakapan bisa mencakup mengapa orang Islam diwajibkan peduli terhadap keadilan sosial. Anak-anak dapat belajar bagaimana fenomena alam secara geografis yang dapat memengaruhi daratan di bumi dan mengenai iklim cuaca, yang artinya terfokus pada kebutuhan untuk merawat semua ciptaan Allah.

Sekolah dengan karakter unggul mengajak anak untuk berdoa dan memahami bahwa doa adalah jalan menuju hubungan yang lebih pribadi dengan Sang pencipta yaitu Allah. Ini juga memperkuat hubungan anak satu dengan yang lainnya. Guru dan anak didik terus saling mendoakan satu sama lain dan penyediaan lingkungan belajar yang kondusif, penuh kasih sayang dimana semua orang merasa didukung dan diterima dengan segala keadaannya.

Sekolah berbasis karakter unggul menawarkan lingkungan emosional dan spiritual yang aman. Saling merendahkan dan mencela satu sama lain tidak ditoleransi dan anak-anak dibimbing di lingkungan yang aman dan penuh perhatian. Dimodelkan oleh orang dewasa. Sekolah menawarkan  kenyamanan bagi anak-anak untuk mengekspresikan gagasan mereka, mengeksplorasi hal-hal baru, dan yang penting, menjadi diri mereka sendiri.

Sekolah berbasis karakter unggul memiliki ciri khas menawarkan perhatian yang lebih individual daripada sekolah negeri pada umumnya. Kelas sekolah umumnya memiliki siswa yang lebih sedikit sehingga pembelajaran menjadi lebih terfokus dan membangun kelas yang lebih kondusif.

Pembiasaan bagi peserta didik bahwa diharapkan dapat memperkuat kebiasaan positif, serta sikap yang selalu positif. Pada pendidikan berbasis karakter unggul bertujuan untuk mengembangkan individu yang berpengetahuan luas. Hal ini dapat meyakinkan bahwa pendidikan harus mengembangkan kecerdasan dan karakter, sehingga melengkapi peserta didik untuk kehidupan nantinya dalam masyarakat. Sekolah berbasis karakter menginspirasi dan mendorong setiap anak didiknya dalam menemukan dan mengembangkan bakat yang dianugerahkan Allah kepadanya, dan menyiapkan mereka untuk kesuksesannya dimasa depan.

Oleh : Sirli

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay