Peran Sekolah Menanamkan Akhlak Sejak Dini

Di sebuah sekolah yang cukup terkenal di kotaku. Apa yang membuat sekolah ini terkenal? karena sekolah ini memiliki sejarah yang cukup berbeda dari sekolah yang lainnya.

Bagaimana tidak, berada di sebuah kota tentu persaingan sangat diperebutkan oleh orang tua tentunya. Namun, apa yang membedakan sekolah itu dengan sekolah pada umumnya,  bukankah sekolah sama saja? sama-sama mengajarkan ilmu, memberikan pemahaman dan membentuk karakter anak? pasti semua pertanyaan itu timbul difikiran orang tua belakangan ini.

Semakin ke sini, entah apa yang mengubah jalan fikiran itu. Penulis menganggap pada dasarnya semua lembaga pendidikan dimanapun mengajarkan ilmu. Tetapi, dilihat dari sisi lain bahwa tidak cukup jika hanya sekedar mengajarkan ilmu atau guru yang mentransfer pemahamannya ke siswa. Itu pemahaman penulis pada saat mengajar di sekolah pada umumnya.

Namun, memilih sekolah tidak sepenuhnya diserahkan dari anak sendiri melainkan ada andil dari orang tua. Apalagi jika anaknya baru pertama kali mengenyam atau mengenal pendidikan tentu atas dasar pilihan orang tuanya. Jika kita melihat dan berfikir kembali bahwa anak itu bisa jadi ladang pahala bagi orang tuanya, salah satunya kita mulai dari dasar pendidikannya. Anak-anak sedari kecil diajarkan mengenal tentang ibadah, berbakti kepada orang tuanya, akan lebih mudah dibentuk karakternya, bukankah hati kita sebagai orang tua akan merasa sangat bangga dan bahagia jika anak-anak kita nantinya menjadi anak yang berkarakter mulia.  Penulispun pun berfikir betapa beruntungnya orang tua yang dapat menyekolahkan anaknya dimana anak-anaknya bisa mendapatkan ilmu dunia dan juga akhirat. Ibaratnya orang tua mendapatkan dua kebahagiaan dimana yang lain mendapatkan satu kebahagiaan.

Selamat menjadi orang tua yang akan selalu menerima doa-doa yang indah dari putra-putri sholih sholihah di saat tidak ada doa yang kita dapatkan dari mereka anak-anak kita yang sholih dan sholihah.

 

Oleh : RahmaNingsih, Spd.I

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay