We and You(tube)

Harian Kompas per tanggal 2 Maret 2017 menuliskan bahwa Youtube kini telah menjadi media tontonan yang paling digandrungi. Hal ini terlihat dari jumlah capaian durasi orang yang menonton di platform tersebut yang mencapai angka 1 miliar jam per hari. Artinnya, jika kita menonton youtube 1 jam per hari, maka angka 1 miliar baru akan didapat jika kita menontonnya selama 1 miliar tahun!

Di Indonesia sendiri, Google mengumumkan bahwa pengguna aktif youtube di Indonesia telah mencapai 50 Juta pengguna di seluruh Indonesia seperti yang dilansir portal berita online bisnis.com. Jika jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai 262 juta lebih, itu artinya 1 dari 5 orang di Indonesia telah menjadi pengguna aktif youtube saat ini.

Bukan sesuatu yang aneh jika capaian fantastis seperti itu hadir di hadapan kita melihat perkembangan teknologi smartphone dan kualitas layanan operator sekarang ini. Seorang teman juga pernah berkomentar, “Ya wajar saja kalau sekarang pengguna (youtube)nya banyak, soalnya tontonan di TV sudah gak ada yang bagus!”

Memang, sulit dipungkiri kalau youtube kini telah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan sekarang. Di manapun, akan banyak ditemui pengguna smartphone yang sedang mengakses youtube. Tidak hanya orang dewasa, bahkan sering penulis temukan beberapa balita yang asyik dengan dengan tontonan di youtube berupa video musik atau tontonan lainnya.

Teknologi sebagai hasil dari cipta dan karya manusia tidak melulu menyuguhkan sisi positif. Sisi-sisi negatif juga harus diwaspadai dan dihindari sedemikian rupa. Sebagai pengguna smartphone, tentu kita harus menjadi pengguna yang smart. Jika youtube kita anggap sebagai media hiburan, maka porsi dalam penggunaannya juga harus disesuaikan dengan waktu yang kita miliki. Jangan sampai, niat kita mencari hiburan, namun justru melalaikan kita dari kewajiban.

Oleh : Eka Jana W

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay