Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?.

 

Hal tersebut pantas ditanyakan oleh Allah kepada kita, manusia, atas segala pemberian-pemberian yang telah Allah berikan kepada kita, yang kadang lupa untuk kita syukuri. Allah dengan CintaNya selalu memberikan yang terbaik untuk manusia.

 

Semua yang Allah ciptakan adalah untuk manusia. Apa sajakah itu?

 

  1. Bumi tempat tinggal manusia dan Air sebagai sumber kehidupan.

 

  1. “(Tuhan yang telah menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu, dan menjadikan jalan-jalan diatasnya bagimu, dan yang menurunkan air (hujan)dari langit……….. ”.

(Q.S Thaha : 53)

 

  1. “Tidakkah engkau memerhatikan bahwa Allah menurunkan air (hujan) dari langit, sehingga bumi menjadi hijau?, sungguh Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.

(Q.S Al Hajj :63)

 

  1. “Bukankah Dia (Allah) yang Menciptakan langit dan bumi dan yang Menurunkan air dari langit untukmu, lalu Kami Tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah? Kamu tidak akan mampu menumbuhkan pohon-pohonnya. Apakah disamping Allah ada Tuhan (yang lain)? Sebenarnya mereka adalah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran)” (Q.S An Naml :60)

 

  1. Allah menundukkan lautan dan apa yang ada dibumi untuk manusia

 

  1. Dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai.” (Q.S. Ibrahim:32).

 

  1. Apakah kamu tiada melihat bahwasanya Allah menundukkan bagimu apa yang ada di bumi dan bahtera yang berlayar di lautan dengan perintah-Nya.” (QS. Al Hajj:65).
  2. Allah-lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizin-Nya dan supaya kamu dapat mencari karunia -Nya dan mudah-mudahan kamu bersyukur.” (QS. Al Jatsiyah: 12)

 

  1. Rabb-mu adalah yang melayarkan kapal-kapal di lautan untukmu, agar kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyayang terhadapmu.” (QS. Al Israa’: 66).

 

  1. “Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan).” (QS. An Nahl: 14).

 

  1. Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan.” (QS. Al Maidah: 96).

 

  1. Allah menyiapkan hewan-hewan ternak untuk manusia

 

  1. “Dan sungguh pada hewan-hewan ternak terdapat suatu pelajaran bagimu. Kami memberi minum kamu dari (air susu) yang ada dalam perutnya, dan padanya juga terdapat banyak manfaat untukmu, dan sebagian darinya kamu makan. (Q.S Al Mu’minun : 21)

 

  1. Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka, yaitu sebagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami sendiri, lalu mereka menguasainya? Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka; maka sebagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebagiannya mereka makan. Dan mereka memperoleh padanya manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur? (Q.S Yasin 71-73)

 

 

 

  1. Allah menumbuhkan tumbuhan dan bunga-bunga untuk manusia

 

“Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak, dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (Q.S. Al-An’am: 99)

 

Semua dialam semesta ini Allah ciptakan untuk Manusia, marilah kita selalu bersyukur dan beribadah sungguh-sungguh kepadaNya.

Wallahu’alam…

 

Oleh :

Ika Novita Sari

 

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay