Allah Maha Melihat

أوَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ………

“…………….bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS Al-Baqarah : 233)

Pernahkah teman-teman masuk ke dalam supermarket atau rumah sakit yang di sudut-sudutnya terdapat kamera CCTV? Pasti akan ditempel tulisan di dindingnya yang kurang lebih bahasanya seperti ini “Area ini telah dilengkapi oleh kamera pengawas CCTV”. Apabila ada tindak kriminal yang terjadi, maka akan kami proses secara hukum.” Kemudian setelah membaca dan memahami pengumuman tersebut, pasti akan menjadikan hampir semua pengunjungnya menjadi was-was dalam bertindak, agar jangan sampai melakukan tindak kejahatan yang akan menyebabkan dirinya diproses secara hukum.

Para peserta ujian yang berada di ruang kelaspun menjadi tidak berani menyontek karena menyadari ada kamera CCTV dipasang di sebelahnya. Bahkan para pencuri yang ingin melakukan tindak kriminal, akan mencari cara agar tidak terlihat oleh CCTV atau bahkan mengambil tindakan dengan merusak CCTV tersebut.

Zaman sekarang, kebanyakan manusia lebih merasa was-was ketika kegiatannya atau tindakannya dilihat CCTV. Sehingga banyak tindak kriminal seperti perdagangan narkoba, zina, atau hal lain yang buruk,  dikerjakan secara sembunyi-sembunyi oleh pelakunya di tempat yang gelap atau jauh dari keramaian dan pastinya tidak ada kamera CCTV. Apabila manusia mengetahui, sesungguhnya kita semuanya, seluruh makhluk hidup di muka bumi ini sedang dalam pengawasan Dzat Yang Maha Melihat. Yaitu Allah Subhanahu Wata’ala.

Allah adalah Pencipta alam semesta dan seisinya. Allah memiliki salah satu asma yaitu Al Bashiir. Hal tersebut sudah Allah firmankan dalam Al-Qur’an. Ada banyak kalimat yang mengingatkan manusia bahwa Allah Maha Melihat. Pengawasannya berlaku 24 jam nonstop.  Saya kutipkan penggalan ayat dalam surat Al-Baqarah ayat 233 di awal tulisan ini, yang artinya,

“…………….bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

            Dalam ayat di atas, Allah mengabarkan kepada seluruh manusia, tidak hanya yang muslim saja, namu seluruh ciptaannya, bahwa Allah Maha Melihat apa yang kita kerjakan. Segala apa yang kita kerjakan setiap detik, menit, jam, bulan, tahun, abad, dan satuan lainnya, pasti akan selalu berada dalam pandangan pengawasan Allah Subhanahu Wata’ala.

            Allah Maha Melihat bahkan melihat aktivitas semut hitam di atas batu hitam pada kegelapan malam. Kelak, di hari perhitungan, Allah akan menunjukkan kepada kita semuanya, segala apa yang kita perbuat di dunia ini. Mulai dari kita lahir hingga akhir hayat kita. Siapkah di akhirat nanti Anda menyaksikan segala aktivitas anda?

            Siap tidak siap. Semuanya akan menyaksikan segala perbuatannya di dunia. Lalu akan di balas sesuai dengan hasilnya.

Oleh : Titis Roehatun Nurowiyah, S.Pt.Par.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay

Mon-Fri 08.00-16.00
Available: Monday - Friday 08.00 - 16.00
Anda terhubung di layanan Sekolah Mutiara, Silahkan bertanya kepada kami apa yang dapat kami bantu

Kami tersedia di Hari Senin - Jumat | 08.00 - 16.00
Powered by