Petak Umpet (Hide & Seek)

            Ada yang tahu permainan ini? Tentu saja, siapa yang tidak mengenal permainan ini. Permainan cari dan sembunyi yang bisa dimainkan oleh minimal 2 orang yang umumnya berada di luar ruang. (Wikipedia)

            Permainan ini sangat popular dari zaman ke zaman hingga saat ini. Permainan tradisional ini mengasah ketelitian dan kepekaan anak. Manfaat buat anak untuk belajar berhitung, melatih motorik kasar, mengasah ketelitian dan kepekaan, melatih kesabaran, belajar mengingat nama, belajar mengikuti aturan. (Ayahbunda.co.id)

            Biasanya dimainkan di area outdoor. Tetapi anak-anak balita biasanya mencoba bermain ini di dalam kamar dengan menggunakan selimut/bedcover. Contohnya: mereka berdua sembunyi di dalam selimut, sembari berteriak” Ayah, cari kami”! seakan berharap ayah mencari keberadaan mereka berdua. Biasanya ayahnya akan berpura-pura bingung mencari mereka dengan berkata, ”dimana ya?” “kami di sini Ayah” jawab mereka. Hingga kepala ayah masuk ke dalam selimut.             Justru mereka yang kaget karena kehadiran ayah yang tidak mereka sadari. Teriaklah mereka berdua hehe.. ini contoh sebagian kecil permainan petak umpet yang sederhana. Tetapi bagi balita ini permainan yang menyenangkan.

Dampak Positif Bermain Petak Umpet

            Karena permainan ini biasanya dilakukan di luar rumah dan bersama-sama dengan teman lainnya, pasti membuat petak umpet memiliki dampak yang baik bagi perkembangan anak. Apa saja sih dampaknya?

  1. Menumbuhkan Perasaan Senang

            Bermain pastinya akan membuat anak enjoy. Ditambah lagi bermain dengan teman-temannya akan membuat anak semakin riang.

  • Bersosialisasi

            Dengan dilakukan bersama teman-teman yang lain, pasti membuat melatih anak untuk bersosialisasi dengan baik. Bagaimana ia berkomunikasi dengan temannya dan memberikan pendapat mengenai dimana sebaiknya bermain dan ngobrol serta bertukar pendapat dengan temannya. Secara tidak langsung, anak akan belajar untuk berkomunikasi dan bertukar ide.

  • Aktif

            Bersembunyi dan berusaha untuk menggapai benteng lebih dulu akan membuat anak berfikir bagaimana caranya dan mengatur strategi. Anak akan berfikir lebih. Selain itu, permainan yang dilakukan di luar rumah membuat anak terus bergerak seperti misalnya berlari. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih aktif baik dari fisik maupun daya pikir.

  • Kreatif

            Karena permainan ini memerlukan daya pikir yang bagus, anak pasti akan lebih kreatif. Dalam hal ini, anak akan mencari persembunyian yang tidak biasa dan membuat dirinya aman. Selain itu bagi si penjaga, ia akan mencari kemungkinan teman-temannya bersembunyi dengan mencari tempat yang bisa digunakan untuk bersembunyi.

  • Belajar Diskusi

            Anak-anak akan melakukan perundingan mengenai aturan yang akan diberlakukan dalam permainan petak umpet. Nah, dalam berunding ini biasanya anak-anak menyampaikan ide baru dan keinginannya agar permainan tetap seperti apa yang mereka inginkan dan terasa menyenangkan.

  • Melatih Sportivitas

            Dalam permainan, menang kalah adalah hal yang biasa. Termasuk dalam permainan petak umpet ini, seseorang yang kalah harus menerima dan menjalani perannya dalam permainan dengan baik. Begitu pula untuk menaati aturan permainan yang sudah disepakati.

  • Belajar Menghafal Hitungan

            Permainan ini sangat baik untuk anak yang sedang mengenal hitungan. Karena mereka akan belajar untuk menghafalnya saat anak kebagian jaga. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi motivasi anak agar lancar dalam hitung-hitungan agar tidak malu saat bermain petak umpet bersama teman-temannya.

            Ternyata banyak manfaat ketika kita bermain petak umpet ya. Terutama untuk balita dan anak-anak. Sebaiknya jika kita memiliki saudara yang masih anak-anak, ayo kenalkan dengan permainan yang dilakukan di luar rumah seperti petak umpet ini. Kita juga bisa menambah kedekatan dengan mereka, lho! Jangan hanya bermain game dan gadget. Sekali-kali lakukan permainan petak umpet dan rasakan sensasi dag dig dug saat bersembunyi. Jangan sampai ketahuan! (apasih.web.id)

Oleh : Ustadzah Yuniar, S.Sn.

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay

Mon-Fri 08.00-16.00
Available: Monday - Friday 08.00 - 16.00
Anda terhubung di layanan Sekolah Mutiara, Silahkan bertanya kepada kami apa yang dapat kami bantu

Kami tersedia di Hari Senin - Jumat | 08.00 - 16.00
Powered by