Rutinitas yang Membuahkan Produktivitas

Secara bahasa rutinitas adalah sesuatu yang kita lakukan secara berkelanjutan dalam waktu yang teratur. Sadar atau tidak, rutinitas tersebut merupakan keharusan yang selalu kita lakukan. Apakah kita pernah menanyakan kepada diri sendiri, rutinitas apakah yang selalu kita lakukan setiap saat? Bermanfaatkah atau sedikit kebermanfaatannya? Produktifkah rutinitas yang kita lakukan? Mari bersama kita jawab dalam diri.

            Sejatinya, setiap orang mempunyai rutinitas masing-masing. Hanya saja, tingkat keproduktivitasan dari setiap rutinitas tersebut berbeda-beda. Ada rutinitas yang produktif ada pula yang kurang produktif. Setiap orang menginginkan segala rutinitas tersebut membuahkan produktivitas yang maksimal.

            Sejatinya produktivitas setiap rutinitas tergantung dari masing-masing individu memaknai dan memanage segala rutinitas yang dimiliki. Bisa dikatakan produktif itu pilihan, tidak sedikit pula rutinitas yang baik tapi menghasilkan produktivitas yang buruk. Karena individu tersebut menganggap rutinitas tersebut hanya formalitas dan suatu agenda rutin yang akan terus berulang, begitu juga sebaliknya.

            Dalam kesempatan ini, ada beberapa hal yang mungkin dapat kita gunakan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga nilai produktivitas dalam segala rutinitas yang kita lakukan sehari-hari, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Niatkan segala rutinitas kita semata-mata hanya karena Allah dan hanya mengharapkan Ridho Allah. (Apapun yang kita lakukan diawali dari niat karena Allah, hal yang sederhanapun akan dapat bernilai ibadah di sisi Allah SWT).
  2. Mempunyai visi dan misi yang jelas dalam segala rutinitas.
  3. Motivasi diri yang kuat (Dalam setiap rutinitas motivasi dalam diri yang kuat menghasilkan tingkat produktivitas yang besar pula, karena dari situ kita dapat selalu berpikir positif dalam keadaan apapun dan selalu tegar dalam menghadapi segala keadaan).
  4. Selalu berpikir positif. (Berpikir positif dapat menjadi kunci keproduktivitasan dalam segala rutinitas kita, karena dari pikiran positif hal-hal positif lainnya akan mudah tersalurkan dalam diri. Dalam menjalankan sesuatu tanpa berpikir positif akan selalu terbayang hal-hal negatif yang belum tentu terjadi).
  5. Menyeimbangkan Rutinitas. (Produktivitas selain diperoleh dari kerja keras dan kerja ikhlas penyeimbang rutinitas juga menjadi parameter penting, karena setiap individu mempunyai batas maksimal menghadapi masalah dalam melaksanakan rutinitas, agar rutinitas kita membuahkan produktivitas yang berkualitas, atur segala rutinitas kita sesuai dengan kapasitas diri masing-masing.

            5 hal di atas mungkin akan menjadi senjata ampuh untuk membuahkan produktivitas dalam setiap rutinitas. Mari kita takar kembali, memeriksa niat kita dan tumbuhkan motivasi diri agar setiap rutinitas membuahkan produktivitas yang berkualitas. Semoga rutinitas yang kita jalani saat ini bukan hanya menjadi rutinitas duniawi saja, akan tetapi menjadi rutinitas surgawi. Berani berutinitas, berani produktif setiap hari.

Oleh : Bagas Setiawan

Share Yuk ...

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay